Akhir Tahun, Nilai Tunggakan Listrik Capai 4,4 M

513

Pasuruan (WartaBromo) – Tunggakan tagihan listrik hingga menjelang akhir tahun di Kab/Kota Pasuruan dan Kab/Kota Kabupaten Probolinggo mencapai 4,4 Milyar rupiah hingga per 29 desember 2011.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Yulianto, Asisten Manager Pelayanan Dan Administrasi PT PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Pasuruan, Kamis (29/12/2011) di hadapan sejumlah wartawan.

Menurut Yulianto, tunggakan tagihan tersebut terdiri atas industri dan rumah tangga yang tersebar di 9 unit wilayah area PT PLN APJ Pasuruan.

Berdasarkan data yang masuk, terdapat sekitar 77.000 lembar tagihan atau sekitar 50.000 pelanggan yang hingga akhir tahun ini belum membayar tunggakan tagihannya.

“Rata-rata para pelanggan yang melakukan tunggakan masih sekitar 0,84 hari hingga 1 hari,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya tetap akan berusaha untuk menekan angka tersebut menjadi jauh lebih rendah dengan mengerahkan petugas di lapangan untuk melakukan penagihan dan pengecekan.

“Kita berharap bisa menekan tingginya tunggakan minimal menjadi 2,8 milyar rupiah,” ujar Yulianto saat ditemui di kantornya. Besaran tunggakan tagihan listrik kali ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai hingga 4,6 milyar rupiah.

Sementara itu, menanggapi kesiapan PT PLN APJ Pasuruan pada malam pergantian tahun nanti, pihaknya optimis tidak akan terjadi pemadaman di wilayah kab/kota Pasuruan maupun Probolinggo, pasalnya para petuga PLN telah siap siaga 24 jam guna mengamankan jaringan agar tidak terjadi pemadaman. (yog/yog)