Mutasi, Adik Walikota dan Wawali Duduki Tempat ‘Basah’

538

Pasuruan (wartabromo) – Dua orang yang beruntung dengan mutasi yang dilakukan oleh Pemkot Pasuruan terhadap 168 pejabat eselon II, III dan IV pada selasa (3/1/2012) kemarin, adalah adik Walikota Hasani, Mahbub Effendi dan juga adik Wakil Walikota Setiyono, yakni Agung Budhi Utomo. Pasalnya, keduanya menduduki posisi-posisi yang dianggap cukup ‘basah’ di jajaran pejabat Pemkot Pasuruan.

Mahbub Effendi yang semula menjabat sebagai Kepala Bagian Umum dimutasi menjadi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Budaya (Disporabud). Sementara Agung Budi Utomo yang semula menduduki Kabag Administrasi Pemerintahan Umum kini dipromosikan untuk menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Menariknya, pemindahan Mahbub Effendi di Disporabud seiring dengan pemindahan tugas pokok dan fungsi kewenangan pada komisi di DPRD. Yakni, jika sebelumnya Disporabud di bawah leading sektor komisi I, pada oktober lalu dialihkan dibawah komisi II yang diketuai keponakan Walikota Hasani sendiri, Andi Gita.

“Ada kesan dipaksakan dalam promosi jabatan ini, ia masih belum teruji dan belum punya prestasi yang bagus, ” ujar rekan sejawat Mahbub yang enggan disebutkan namanya pada wartawan.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Walikota Pasuruan, H.Hasani, menganggap bahwa penempatan keduanya sudah objektif dan sesuai ketentuan, selain faktor masa kerja dan kepangkatan, pertimbangan kejujuran dan keseriusan dan menjalankan tugas menjadi hal yang sangat diperlukan.

“Pangkat keduanya memang IVa, tapi mereka sudah sesuai dengan bidang dan kemampuannya. Yang dinilai hanya kejujuran dan keseriusan dalam menjalankan tugas,” tegas Hasani. (on/yog)