Hati-Hati! Jalur Wisata Bromo Rawan Longsor Dan Licin

541


Tosari (wartabromo) – Hati-hati bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan ke Bromo, pasalnya hujan yang kerapkali turun di wilayah pegunungan seringkali membuat jalur di sepanjang jalan menuju lautan pasir sangat licin dan berbahaya.

Trisno Sudigdo, Ketua Koperasi Bromo Tengger Sejahtera menjelaskan, musim hujan seringkali membuat jalur menuju lautan pasir di daerah dingklik menjadi sangat licin akibat kondisi jalan yang mengalami kerusakan dan masih dalam proses perbaikan.

“Yang perlu diwaspadai wisatawan jika ke bromo adalah jalan licin di daerah Dingklik,” ujar Trisno saat dihubungi wartabromo, Sabtu  (14/1/2012).

Menurutnya, saat ini jalan yang licin dan rusak tersebut sedang dalam tahap perencanaan perbaikan oleh pihak pemerintah dan dipastikan akan menelan biaya cukup besar.

Tidak hanya jalan licin, Trisno juga mengingatkan agar para pengunjung senantiasa mewaspadai bahaya tanah longsor yang bisa terjadi sewaktu-waktu di sepanjang jalan menuju bromo mulai dari Puspo hingga Tosari.

“Longsor terjadi di daerah tersebut, jika hujan cukup deras, ” tambahnya.

Meski demikian, Trisno optimis musim hujan sama sekali tak membawa pengaruh terhadap keindahan alam dan panorama bromo sehingga pengunjung diharapkan tak perlu khawatir akan kecewa jika ingin datang ke bromo melalui jalur Pasuruan guna melihat secara langsung matahari terbit pada libur akhir pekan ini.

Sunrise terbaik ketiga di dunia masih bisa dilihat. Yang penting hati-hati,” pungkas Trisno. (yog/yog)