Banjir Belum Surut, Tiga Kecamatan Tergenang

612

Bangil (wartabromo) – Cuaca hujan yang terus menerus menyusul kondisi pasang air laut membuat tiga kecamatan di Pasuruan Jawa Timur yakni Kecamatan Beji, Bangil dan Rejoso hingga senin (6/2/2012) siang masih tergenang air banjir.

Genangan air tersebut berada di sejumlah desa yakni Desa Kedungbotoh, Kedungringin Kecamatan Beji serta Desa Kalianyar dan Desa tambakan Kecamatan Bangil serta Kelurahan Jarangan dan juga Rejoso Lor Kecamatan Rejoso.

Ketinggian air mencapai hingga 50 centimeter di wilayah tersebut terutama di daerah-daerah yang dikenal sebagai kantong air serta pemukimannya di bawah permukaan air laut.

Menurut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, kondisi tersebut terjadi menyusul hujan deras serta kondisi pasang air laut di wilayah tersebut sejak kemarin.

“Masih banjir mas, ketinggian berkisar antara 50 centimeter,” ujar Yudha.

Lebih lanjut Yudha menjelaskan, genangan air yang cukup parah terjadi di Desa Kalianyar-Bangil dan juga Desa Kedungbotoh Kecamatan Beji, Pasuruan.

Sementara berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah sekolah seperti SDN kalianyar 1 serta Madrasah Ibtida’iyah Kalianyar-Bangil terpaksa meliburkan para siswanya akibat tingginya genangan air yang masuk ke halaman sekolahan tersebut.

Tidak hanya sekolah, kondisi pasar ikan di desa kalianyar pada senin (2/6/2012) pagi juga tampak sepi menyusul banyaknya tambak petani yang kemasukan air banjir.

“Sekolah diliburkan mas, pasar ikan juga sepi, ” ujar Mustofa, salah seorang warga kalianyar mengeluh, saat ditemui wartawan di lokasi. (yog/yog)