Minim Lampu PJU, 6 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan

537


Gempol (wartabromo) –  Kondisi jalur akses tol Gempol di Desa Legok Kecamatan Gempol, Pasuruan kian hari kian mengkhawatirkan, menyusul jumlah angka kecelakaan yang kian meningkat sejak beberapa bulan terakhir.

Minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) serta kondisi jalan yang mulai rusak mengakibatkan jalur tersebut sangat rawan terjadi kecelakaan terutama pada malam hari.

Kanit lantas Gempol, AKP Suwarno mengatakan, sejak awal Januari kemarin sebanyak 6 orang tewas akibat menjadi korban kecelakaan di wilayah setempat.

“Yang jelas di jalur ini sudah sering terjadi kecelakaan, jadi mohon hati-hati,” ujar AKP Suwarno mengingatkan.

Dirinya menambahkan, tingginya angka korban tewas akibat kecelakaan tersebut terjadi akibat kondisi jalur sepanjang 1,5 kilometer itu kini banyak yang rusak dan berlubang. Selain itu, ketinggian jalur rel kereta api yang melintang juga cukup licin dan berbahaya.

Apalagi, Kondisi ini pun diperparah dengan minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) yang ada dikawasan tersebut.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, sepanjang jalur tersebut hanya ada 4 titik lampu yang ada di bundaran tol gempol sementara di bundaran apollo hampir tidak ada sama sekali.

“Kalau malam di jalur tersebut gelap, ” keluh Suwarno.

Terakhir, kecelakaan dijalur tersebut terjadi pada awal maret lalu, menewaskan dua pengendara motor sekaligus. Kedua korban asal jember tewas saat hendak menyalip truk bermuatan berat di depannya setelah menabrak median jalan. (yog/yog)