Waduch! Si Tomcat Serang Warga Dan Balita Di Pasuruan

536

Nguling (wartabromo) – Serangan serangga Tomcat ternyata juga mulai ditemukan di Pasuruan. Sebanyak delapan orang warga di Rt 02 Rw 10 Desa Nguling Kecamatan Nguling, Pasuruan kini mulai mengalami gatal-gatal pada kulitnya. Lebih parahnya, si Tomcat juga menyerang seorang balita bernama Ivan Yusuf hingga sekujur tubuhnya sempat melepuh dan memerah.

Orang tua sang balita, Nurhayati (24) mengaku, serangan serangga Tomcat sebenarnya sudah terjadi sejak lima bulan lalu. Namun karena ketidaktahuannya, penyakit kulit yang menimpa anaknya dianggap penyakit kulit biasa.

“Saya kira ini penyakit kulit biasa. Baru tahu setelah liat tipi,” kata Nurhayati, dengan nada polos.

Menurutnya, lokasi rumahnya yang berada di tepi sawah tersebut seringkali didatangi serangga Tomcat pada malam hari. Bahkan terkadang dijadikan mainan oleh Ivan seperti layaknya serangga semut.

“Si Ivan sering memegang dan membunuhnya seperti semut,” ungkap Nurhayati pada wartawan, Rabu (21/3/2012).

Baru kemudian setelah buah hatinya mengalami gatal-gatal cukup parah, dirinya mencoba memeriksakannya ke sejumlah dokter di Pasuruan dan Probolinggo. Namun meski sudah diobati penyakit kulit tersebut tak juga kunjung sembuh.

“Kami ndak ngerti kalau ternyata cairan dari serangga itu penyebabnya,” tambah Nurhayati yang kini menderita penyakit serupa bersama 4 anggota keluarga lainnya.

Selain keluarganya, penyakit kulit yang sama juga menimpa 3 orang anggota keluarga Idham warga setempat yang tak jauh dari rumah Nurhayati.

Sementara itu, guna mengantisipasi penyebaran serangga Tomcat, pihak Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pasuruan langsung melakukan penyemprotkan insektisida di sekitar pemukiman warga yang diduga sarang perkembangbiakan serangga tomcat tersebut.

“Kami langsung melakukan penyemprotan insektisida agar serangga tak menyebar ke tempat lain,” jelas Suyono, Petugas Mantri Pertanian Kecamatan Nguling saat ditemui di lokasi. (kik/yog)