Kawin di TSI II , Sapi Bali dan Banteng Jawa Punya Anak

607

Prigen (wartabromo) – Perkawinan antara sapi bali ( Bos Javanicus f. domestica) dengan Banteng Jawa (Bos javaicus) di Taman safari Indonesia II Prigen Pasuruan akhirnya berakhir bahagia. Pasalnya, kedua pasangan hewan tersebut kini berhasil memberikan keturunan seekor anak sapi bali jenis baru hasil perkawinan keduanya.

Anak sapi Bali jenis baru berkelamin jantan tersebut lahir pada kamis (5/4/2012) dengan berat 21 kilogram dalam keadaan sehat.

Keberhasilan pengembangbiakan perkawinan silang antara kedua hewan tersebut merupakan usaha dan kerja keras TSI II yang selama ini sudah melakukan penelitian sejak tahun 2004 silam.

Anak sapi bali jenis baru tersebut dihasilkan dari salah satu indukan dari 10 ekor sapi bali yang dikawinkan dengan satu ekor banteng jawa bernama Matos. Banteng tersebut merupakan hasil breeding konservasi TSI II Prigen, Pasuruan dari pejantan sangkur, rescue dari Dusun sangkur Desa Kabatrogojampi, Banyuwangi dengan induk betinanya yang bernama Delta asal perkebunan Kalitlepak Glenmore, Banyuwangi.

Kurator satwaTSI II prigen, drh Ivan Chandra menjelaskan, saat ini anakan sapi bali jenis baru tersebut masih dalam perawatan intensif tim dokter agar kesehatan dan pertumbuhannya tetap terjaga.

“Kita masih tetap melakukan pengawasan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya,”ujarnya.

Selain rasa bahagia atas kelahiran anak sapi bali jenis baru tersebut, pihak TSI II Prigen saat ini juga sedang menantikan kelahiran empat ekor sapi bali lain yang mulai bunting.

“Ada empat ekor sapi bali lainnya yang juga mulai bunting,” tegas Ivan Chandra.

Dirinya yakin, dengan keberhasilan perkawinan silang antara banteng jawa dengan sapi bali tersebut mampu menghasilkan anakan sapi bali yang tingkat kualitasnya cukup baik dengan berat tubuh lebih besar yakni 450 kilogram per ekor dibanding sapi bali biasa yang hanya 300 kligram per ekor.

“Berat badannya memang lebih besar dan bisa dijadikan titik awal perbaikan genetik sapi bali,” ungkap drh Ivan chandra.(yog/yog)