Bekas Pabrik Kompor Terbakar, Warga Panik

248
Gudang Pabrik Terbakar - Petugas dari pemadam kebakaran dibantu polisi dan karyawan berjibaku memadamkan api

Pasuruan (wartabromo) – Sebuah gudang milik PT Empat Sekawan yang terletak di Kelurahan Tembok, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jumat (11/5/2012) pukul 13.00 Wib, terbakar.

Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan kebakaran berawal saat seorang karyawan melakukan pengelasan pada mesin oven. Tiba-tiba percikan api dari las menyambar dan membakar tumpukan cat dan tiner yang berada di pojok gudang penyimpanan oven. Dengan cepat api yang mebakar tumpukan cat dan tiner menjalar ke sebagian ruangan.

Karena panik, para pekerja yang sebelumnya sedang bekerja langsung berlari keluar. “Semua langsung lari keluar,” kata petugas keamanan pabrik, Saipul di lokasi.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot dan Pemkab Pasuruan kemudian didatangkan ke lokasi. Dibantu beberapa karyawan, petugas pemadam berjibaku memadamkan api yang sudah menghanguskan hampir separuh bagian gudang.

Setelah lebih dari setengah jam usaha pemadaman dilakukan, api akhirnya bisa dijinakkan. Meski demikian penyempotan air terus dilakukan ke beberapa titik untuk memastikan api benar-benar padam.

”Masih dilakukan pembasahan, masih ada titik api yang menyala,” kata Nurul, petugas PMK.

Kebakaran di bekas pabrik kompor itu sempat membuat warga sekitar panik. Warga khawatir api menjalar ke pemukiman mereka karena jarak antara gudang yang terbakar dengan pemukiman warga berdekatan.

Pemilik pabrik, Junaidi tampak mondar-mandir dan kebingungan danĀ  menyaksikan lalu-lalang petugas pemadam dan karyawan. Puluhan polisi juga tampak berjaga-jaga bersiaga di lokasi. Belum diketahui pasti kerugian akibat kebakaran itu. Namun dari pantauan di lokasi, diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. (jr/yog)