Tentukan Awal Ramadhan, Tim Rukyatul Hilal Berangkat Ke Gili

229
Foto : Ilustrasi/wartabromo

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 6 orang anggota Tim rukyatul hilal Lajnah Falaqiyah PCNU Kabupaten Pasuruan akan diberangkatkan ke Pulau Gili Probolinggo, Jawa Timur  guna menentukan awal ramadhan 1433 hijiriyah, Kamis (19/8/2012).

6 orang ahli falaq tersebut akan bertugas melakukan kegiatan rukyatul hilal bersama sejumlah tim lainnya setelah sebelumnya menjalani sumpah oleh Pengadilan agama setempat.

“Ada 6 orang ahli falaq yang akan diterjunkan ke sana. Mereka akan berangkat sekitar pukul 13.00 Wib,” ujar ustadz Anwar, Wakil Sekretaris PCNU kabupaten Pasuruan, Kamis (19/7/2012).

Pria yang diberi tugas membawahi Lajnah Falaqiyah PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut menjelaskan, dalam perhitungan ilmu falaq diketahui jika tinggi hilal pada kamis sore diperkirakan akan berkisar antara 1,5 hingga 3,5 derajat.

Hal ini dimungkinkan, hilal akan terlihat sangat kecil dan dalam durasi yang cukup singkat yakni antara 5 hingga 15 menit.

“Hitungan tersebut akan kita gunakan sebagai acuan untuk melihat hilal,” tambahnya.

Selanjutnya, hasil penglihatan dan pemantaun Tim rukyatul hilal tersebut akan dilaporkan ke kantor PCNU Kabupaten Pasuruan untuk kemudian diteruskan ke Kantor PBNU di Jakarta sebagai acuan sidang itsbat penentuan awal ramadhan oleh Pemerintah. (yog/yog)