Tahapan Pilkada Resmi Dibuka, Hanya Dua Balon yang Hadir

0
15

[redirect http://pilkada.wartabromo.com/2012/08/02/tahapan-pilkada-resmi-dibuka-hanya-dua-balon-yang-hadir/3]

Sepi Balon - Tampak suasana kegiatan sosialisasi awal tahapan pilkada 2013 di Kantor Pendopo KPUD Kabupaten Pasuruan, Rabu (1/8/2012)

Kejayan (wartabromo) – Tahapan Pilkada kabupaten Pasuruan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupatinya secara resmi telah dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pasuruan pada Rabu (1/8/2012) kemarin.

Bertempat di Pendopo KPUD Jalan raya Kejayan, Pasuruan, KPUD telah menggelar sosialisasi awal dibukanya tahapan tersebut dengan mengundang sejumlah eleman masyarakat baik LSM, Partai maupun tokoh yang siap maju dalam pertarungan pilkada nanti.

Sayang, dari sekian banyak nama yang menyatakan siap maju dalam pilkada, hanya dua orang bakal calon yang hadir memenuhi undangan tersebut yakni Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan dan Ichdar Supi’i, Seorang jaksa senior asal Purwosari.

Sosialasi awal tahapan agaknya masih sepi dan kurang diminati oleh sejumlah nama bakal calon Bupati yang gambar dan balihonya telah banyak bertebaran di mana-mana. Namun, kehadiran para tokoh partai dan sejumlah tim sukses dari sejumlah nama bakal calon, agaknya dianggap telah mewakili kehadiran mereka untuk siap memasuki tahapan awal Pilkada 2013 mendatang.

Dalam sambutannya, Ketua KPUD Zaenal Abidin mengatakan jika tahapan Pilkada Kabupaten Pasuruan dimulai sejak tanggal 1 agustus 2012 dengan agenda pembentukan dan pelatihan PPK dan PPS hingga 4 september 2012 nanti.

Agenda tersebut akan disusul dengan pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilu kada, tahap penentuan daftar pemilih, pencalonan, pengambilan formulir dan pendaftaran pasangan calon, logistik, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih 2013-2018.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bakesbang Linmas Kabupaten Pasuruan, M Yahya yang hadir bersama Asisten bidang pemerintahan Suharto mengatakan, pesta politik yang akan terjadi di Kabupaten Pasuruan adalah tahapan politik yang diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Maraknya baliho dan banyaknya calon yang maju dalam pesta lima tahunan tersebut membuktikan jika pesta demokrasi memang sudah berjalan di Kabupaten Pasuruan.

“Banyaknya calon Bupati yang akan maju dalam Pilkada menandakan jika demokrasi telah benar-benar berjalan dengan baik di kabupaten Pasuruan ini,” ujarnya. (ea/yog)