Seabad Berdiri, Gedung di SMAN 1 Pasuruan Ambruk

719
Bruk - Seorang pekerja sedang membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk, Kamis (21/3/2013). Foto: Mr Beck's

Pasuruan (wartabromo) – Salah satu gedung di SMAN 1 Pasuruan, Jalan Raya Soekarno-Hatta ambruk, sekitar pukul 02.00 Wib, Kamis (21/3/2013). Banguanan yang ambruk merupakan ruangan guru yang sudah berdiri selama seabad. Beruntung saat ambruk, gedung dalam keadaan kosong sehingga tak ada korban.

Bangunan yang ambruk berada tepat di tengah-tengah kompleks sekolah. Seluruh bagian atap yang terbuat dari kayu berkuran besar jebol. Kayu-kayu tersebut berserakan menimpa seluruh peralatan kantor di bawahnya. Genting-genting juga hancur berkeping.

Pantauan di lokasi, konstruksi bangunan memang sudah tua. Meskipun kayu-kayu besar penyanggah atap masih tampak kokoh, namun tembok sudah tampak dimakan usia. Ambruknya bangunan ini diduga tambok yang tidak kuat menahan beban konstruksi atap yang kokoh tersebut.

“Gedung yang ambruk sudah berusia cukup tua. Diperkirakan bangunan berusia 100 tahun,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Pasuruan, Taufiqurrachman.

Setiap bulan, pihaknya sudah melaporkan kondisi bangunan kepada dinas terkait. Menurut dia laporan tersebut selalu mendapat respon positif dan renovasi selalu dilakukan. Renovasi dilakuakan karena bangunan tua di sekolah bonafid itu dianggap masih kokoh.

“Kita sendiri tidak menyangka gedung ambruk karena saat kejadian tidak ada hujan maupun angin,” imbuh Taufiq.

Akibat banguanan ambruk, proses belajar mengajar terganggu. Para guru yang biasa menempati bangunan itu terpaksa berpindah di gedung Lab Biologi.

“Tadi Pak Wali dan Kepala Dinas sudah ke sini. Akan dilakukan perbaikan,” pungkasnya. (fyd/fyd)