Awas! Banyak Lubang dan Gelombang di Raya Bangil

461

Bangil (wartabromo) – Banyak ruas jalan di jalur pantura mulai dari Kraton hingga Bangil yang rusak. Jalan bergelombang dan berlubang terdapat di banyak titik. Kondisi itu hampir merata di lajur Probolinggo-Surabaya atau arah timur ke barat.

Akibatnya, banyak pengendara motor terguncang karena melintas di jalan bergelombang. Beberapa lainnya harus susah payah menghindari lubang. Mobil pribadi, truk dan bus juga mengalami hal serupa. Kerusakan jalan diakui meningkatkan prosentase kecelakaan di jalur nasional tersebut.

“Selain karena terjebak lubang, bisa juga kejadiannya (kecelakaan) tidak secara langsung disebabkan jalan rusak. Bisa saja karena berbenturan atau bersenggolan dengan kendaraan lain yang berjalan zig-zag menghindari jalan rusak,” kata Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Tony Prasetyo, Kamis (4/4/2013).

Menyadari potensi bahaya tersebut, polisi melakukan survei, memotret dan memberikan saran rekomendasi ke Polda agar ditindaklanjuti dengan dinas terkait. “Kita juga sudah sosialisasikan baik secara lisan maupun tulisan,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau para pengguna jalan terutama pengendara roda dua lebih berhati-hati saat melintas. “Terutama malam hari,” pungkasnya. (fyd/fyd)