Gudang Penyimpan Limbah Korek Api Terbakar

473

Gempol (wartabromo) – Gudang penyimpanan limbah kayu bekas korek api milik H Mukayim (69) yang berada di Kelurahan Kejapanan Kecamatan Gempol, Pasuruan,  (9/5/2013) ludes dilalap si jago merah. Api yang diduga berasal dari luar tembok bangunan tersebut selain merobohkan dua atap gedung juga menghanguskan gunungan limbah kayu atau sekam yang ada didalamnya.

Menurut saksi mata Joko Winarno (46), sopir truk yang akan mengisi muatan limbah, api pertama kali terlihat dari tumpukan lembaran kayu limbah korek api yang berada di luar bangunan gedung. Api tersebut kemudian menyambar bagian atap gedung.

“Saya melihat pertama kali asap keluar dari tumpukan kayu di bekang gedung,” terang Joko Winarno.

Lima mobil pemadam kebakaran  milik pemerintah kabupaten Pasuruan dikerahkan untuk menjinakkan api. Tak hanya itu, beberapa  perusahaan sekitar yang dibantu puluhan truk tanki air juga saling bahu membahu memdamkan kobaran api.

Para petugas damkar tersebut butuh waktu empat jam untuk bisa menjinakkan si jago merah. Selain cuaca yang cukup panas, kondisi limbah kayu yang kering bercampur bahan kimia membuat api mudah menyebar.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditafsir mencapai ratusan juta rupiah.Limbah yang terbakar tersebut biasanya  dikirim ke pabrik gula yang ada di Jember untuk pembakaran mesin ketel. (git/yog)