Hasil Survei, Pasangan KarSa Masih Unggul

693

Surabaya (wartabromo) – Pasangan bakal Cagub dan Cawagub incumbent yang dipastikan maju dalam pertarungan Pilgub Jatim Agustus 2013 mendapang, Soekarwo -Saifullah Yusuf (KarSa) diprediksi masih mendominasi di Jawa Timur. Hal ini didasarkan dari hasil survei Lembaga Proximity tentang elektabilitas pasangan KarSa dibandingkan sejumlah pasangan lainnya.

Pasangan Pakde Karwo-Gus Ipul mendapatkan prosentase sebanyak 62,5 persen atau jauh di atas para calon kompetitornya. Sementara Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja berada di posisi kedua dengan perolehan 17,7 persen disusul pasangan Bambang DH dan Said Abdullah sebesar 5 persen.

Menurut Presiden Direktur Lembaga Proximity, Whima Edy Nugroho kepada wartawan, pasangan incumbent tersebut masih dipercaya oleh masyarakat Jawa Timur untuk kembali memimpin pada periode 2014-2019.

Baca Juga :   Diduga Dihipnotis Sales Mebel, Warga Paiton Kehilangan Emas 14 Gram

“Masih cukup dipercaya masyarakat,”ujar Whima.

Menurutnya, hasil penelitian yang dilakukan mulai awal hingga pertengahan bulan Juni 2013 tersebut menggunakan metode multi-stage random sampling dengan 1.200 responden dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Margin error-nya mencapai sekitar 2,8 persen,”lanjutnya.

Dijelaskannya, dalam survei tersebut 14,8 persen responden belum menentukan pilihan. Sementara itu, Pasangan perseorangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat tidak tercatat karena tidak ada satupun responden yang memilih.

Tingginya tingkat elektabilitas dan popularitas pasangan incumbent tersebut diduga karena masyarakat menilai bahwa selama lima tahun memimpin, KarSa sudah teruji kepemimpinannya. Sementara Khofifah-Herman dianggap belum teruji dan hanya dikenal sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU). Sementara, pasangan Bambang-Said, masyarakat hanya mengenal keduanya sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Baca Juga :   Merembet ke Gudang Lain, Kebakaran Pabrik Plastik Milik PT Mercu Pacific

Dalam survei tersebut, dari nama-nama bakal calon yang akan bertarung di Pilgub nanti, 87,4 persen ternyata belum mengetahui atau belum mengenal nama-nama calonnya. Sisanya, 12,6 persen sudah mengetahuinya atau mengenal nama calon gubernur yang akan maju dalam Pilgub 2013. (yog/yog)