Manjakan Lidah Anda dengan Kupang Kraton-Pasuruan

979
Sumber : jejalanyuk.wordpress.com
Sumber : jejalanyuk.wordpress.com

Pasuruan (wartabromo) – Kupang” adalah hewan sejenis kerang yang lebih dikenal dengan sebutan siput laut. Biasanya, Kupang berukuran sebesar kacang kedelai dan bercangkang tipis.

Siput laut inilah yang dijadikan bahan dasar dalam pembuatan Kupang Kraton yakni dengan cara tubuhnya dipisahkan dari cangkangnya lantas direbus hingga matang.

Kupang Kraton disajikan dengan gula, cabe dan sedikit petis serta kucuran air jeruk nipis. Bagi anda yang suka pedas, bisa menambahkan dengan cabai secukupnya. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur di atas piring dengan tambahan beberapa potong lontong diatasnya.

Lebih nikmat, sajian tersebut kemudian disiram dengan rebusan kupang dan kuah panas yang aromanya sangat menggugah selera makan anda. Dengan taburan bawang goreng diatasnya, sensasi rasa kupang Kraton serasa makin istimewa.

Baca Juga :   Deretan Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara

Untuk mencoba menikmati lezatnya Kupang Kraton ini, Bagi anda yang melintas di jalan Bangil-Pasuruan atau yang sedang menuju Probolinggo bisa mampir di sebelah utara Perempatan lampu merah Jalan raya Kraton.

Sate-KerangSepiring kupang Kraton akan lebih terasa maknyes jika dimakan bareng Lentho dan Sate Kerang.

Lentho adalah gorengan dari parutan ketela pohon atau dicampur dengan butiran kacang beras. Sedangkan sate kerang adalah biji-biji kerang yang dirangkai dan ditusuk seperti sate pada umumnya. Lentho

 

 

 

Kedua macam makanan ini bisa menemani anda selama menyantap seporsi Kupang Kraton dan dijamin akan ketagihan. Tapi Jangan lupa untuk mengakhiri santap anda dengan memesan es Kelapa Muda sebagai salah satu minuman penawar bagi anda yang mungkin alergi dengan olahan kupang. (yog/yog)