Jatim Siapkan Truk Sembako Saat Ramadhan dan Lebaran

584

truk-sembakoPasuruan (wartabromo) – Pemprop Jatim menyiapkan truk-truk berisi sembako selama bulan Ramadhan hingga H + 10 Idul Fitri. Masyarakat diharapkan tidak panik karena adanya jaminan sembako dan tidak akan terjadi inflasi besar-besaran.

Truk-truk berisi sembako tersebut akan disebar di setiap kecamatan. Truk-truk tersebut akan berkeliling hingga pelosok desa.

“Truk-truk itu membawa empat kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu. Masih ditambah telor, bawang putih dan bawang merah,” terang Soekarwo, Gubernur Jatim seusai pelantikan Bupati-Wabup Pasuruan di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Selasa (9/7/2013).

Indonesia, menurut Soekarwo berbeda dengan negara maju yang memiliki infrastruktur lengkap yang mengendalikan proses inflasi lewat kebijakan moneter. Di Indonesia, untuk mengendalikan inflasi yang dibutuhkan adalah masyarakat tidak panik saat kebutuhannya meningkat seperti Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk itu dibutuhkan ketersedian stok barang yang memadai.

Baca Juga :   "Emak-emak" Desa Gunung Geni Sulap Bambu Menjadi Aneka Kerajinan

“Jika masyarakat melihat langsung adanya stok sembako yang banyak, mereka tidak akan panik. Makanya inflasi di Jatim paling rendah, yakni sebesar 0,68 persen dibanding propinsi lain di Pulau Jawa lainnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, inflasi di Jatim memang paling rendah dibanding lima propinsi lain di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta (0,98%), Banten (1,5%), Jabar (1,2%), Jateng (0,86%) dan DI Yogjakarta (0,87%).

Pemrop Jatim menyediakan stok barang dengan memotong pola distribusi untuk sejumlah produk. Seperti minyak goreng yang biasanya melalui 4 jalur dipangkas hingga menjadi 2 jalur saja sehingga harganya turun. (fyd/fyd)