1 September Ada Lomba Marathon di Kawasan Bromo

832
Foto oleh : bromomarathon.com
Foto oleh : bromomarathon.com

Pasuruan (wartabromo) – Kawasan wisata gunung Bromo untuk pertama kalinya akan dijadikan sebagai arena lomba lari. Kegiatan yang diberi nama Bromo Marathon tersebut rencananya akan diselenggarakan oleh sebuah komunitas yang peduli dengan perkembangan kawasan wisata pegunungan dengan panorama sunrise terindah tersebut.

Dikutip dari bromomaraton.com, kegiatan lomba lari tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 1 september 2013 mendatang dan membuka pendaftaran bagi siapapun yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Lomba lari marathon ini akan terbagi dalam tiga kelas yakni marathon, half marathon dan 10 K. Tiga kelas tersebut dibagi berdasarkan trek yang berbeda dengan kondisi jalan beraspal dan perbukitan.

Dalam kelas marathon jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 42,195 km dan akan dimulai sekitar pukul 7.00 pagi dengan mengambil start dan finish di desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan.

Baca Juga :   Perbaikan Jalur Pantura Digenjot

Keragaman medan dengan setengah rute jalan beraspal, dan setengah jalur kotor serta penggabungkan beberapa bukit akan menjadi tantangan para pelari dengan ketinggian bervariasi antara 1.950 meter hingga  2.750 meter.

Kelas marathon akan melewati Podokoyo dan dilanjutkan ke desa Ngawu serta melewati jalur puncak gunung Pananjakan, Pasuruan.

Untuk Kelas Half Marathon jarak yang ditempuh adalah 21.097 kilometer. Mereka akan memiliki rute yang sama dengan kelas marathon yakni beberapa desa di sepanjang bagian tengger caldera dan menyelesaikan kembali pada desa wonokitri dengan hanya satu putaran.

Sementara untuk kelas 10K akan menempuh trek yang berbeda dari kelas marathon dan half marathon. Dari Desa Wonokitri, para peserta akan menyusuri jalan perbukitan menuju desa kecil Podokoyo kemudian menuruni bukit menuju desa Tosari dan kembali ke Desa Wonokitri.

Baca Juga :   Tak Disiplin, 2.447 Pengguna Jalan Ditilang Polantas Pasuruan

Dalam Lomba marathon tersebut, panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik dari sponsor yang akan dibagikan kepada para peserta : lima orang pelari terdepan dari kategori umum kelas maraton, lima pelari terdepan kategori usia 40 ke atas serta lima orang pelari terdepan kelas half marathon dan tiga pelari terdepan kelas 10K. Dan bagi semua peserta akan mendapatkan penghargaan medali. (yog/yog)