Ekonomi Indonesia Tidak Bisa Maju Tanpa Pengusaha Lokal

627

Sandiago-uno-Seminar-bisnisWonorejo (wartabromo) – Indonesia akan menjadi negara yang tidak maju, stagnan dan tidak berkembang jika tidak muncul pengusaha-pengusaha lokal yang sukses serta bisa berperan aktif dalam perekonomian Indonesia.

Selain itu, ketiadaan pengusaha lokal akan mengakibatkan ekonomi indonesia bisa dikuasai dan diisi oleh para pengusaha mancanegara sehingga orang indonesia tak lagi menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

“Enterprenuer Indonesia harus menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. Itu tujuan saya datang ke sini,”demikian disampaikan oleh Sandiaga S Uno, pembicara dalam seminar bisnis di Pondok Pesantren Al-Yasini, Wonorejo, Kamis (18/7/2013) siang.

Pengusaha berdarah Gorontalo yang juga pemegang saham PT Adaro Energy, Tbk tersebut mengajak para santri yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) dan kalangan Pesantren di Pasuruan untuk tidak ragu-ragu terjun sebagai wirausahawan sejati.

Baca Juga :   Launching Kepengurusan IMB 1.500 Masjid, Bupati Pasuruan : Kita Usahakan Biayanya Gratis

Menurutnya, ada beberapa kiat sukses agar seorang pengusaha bisa berhasil dalam bidang yang sedang digelutinya yakni kerja keras, kerja cerdas serta kerja ikhlas.

“Itu adalah tips kartu AS seorang pengusaha. Tujuan akhirnya adalah rahmatan lil alamin,”tambah pemilik 51 persen saham Mandala Airline tersebut.

Sandiaga Salahudin Uno menjadi pembicara utama dalam Seminar Bisnis yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Santri Indonesia di Ponpes AL-Yasini, Wonorejo, Pasuruan. Ia hadir dalam rangkaian kunjungannya menjadi pembicara ke sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Timur. Selain Al Yasini, Pria yang masuk urutan ke-58 dari 150 orang terkaya versi Globe Asia tersebut juga menyempatkan diri mendatangi Pondok Pesantren Sidogiri.

Baca Juga :   Terperosok Saat Kendarai Motor, Warga Nogosari-Pandaan Dilindas Kontainer

“Rencananya beliau akan sholat Terawih di Alyasini,”ujar Irham Zuhdi, salah satu Panitia seminar. (yog/yog)