3:58 am - Sabtu, 20 Desember 2014
Kamis, 1 Agustus 2013

Tradisi ‘Malem Likuran’ Lailatul Qadar Ponpes Ngalah Pasuruan

DSC_1154-1Purwosari (wartabromo) – Ribuan jama’ah berduyun-duyun memadati komplek Pondok Pesantren Ngalah Sengon Agung, Purwosari Pasuruan, Rabu (31/7/2013). Lantunan ayat suci al-qur’an yang dikumandangkan oleh salah seorang santri Ponpes seakan memanggil para jama’ah yang datang dari berbagai kecamatan serta daerah sekitar seperti Malang, Mojokerto dan Sidoarjo untuk segera mempersiapkan diri.

Tradisi tahunan setiap memasuki 10 malam terakhir ramadhan tersebut selalu istiqomah dilaksanakan di Pondok Pesantren yang di asuh oleh KH. Sholeh Bahrudin ini. Para jama’ah lebih akrab menyebutnya dengan kegiatan malem likuran sholat lailatul qadar.

Malem likuran tersebut hanya dilaksanakan pada hari-hari ganjil ramadhan yakni malem dua puluh satu, malem dua puluh tiga, malem dua puluh lima, malem dua puluh tujuh dan malem dua puluh sembilan.

Hampir setiap sudut Pondok pada malam-malam tersebut selalu dipadati oleh para jama’ah yang ingin mengerjakan sholat sunnah berjama’ah yang diimami langsung oleh pengasuh Ponpes, KH. Sholeh Bahrudin.

Seperti pantauan wartabromo pada malam 23 Ramadhan, Rabu (31/7/2013) malam. Tepat sekitar pukul 00.00 Wib, usai santri Ponpes membacakan surat yasin dan tahlil, KH. Sholeh Bahrudin selaku pengasuh pun datang dan langsung mengimami sejumlah sholat sunnah antara lain, sholat sunnah lisyukril wudhu’, Taubat, Sholat sunnah lidaf’il Bala’ sholat sunnah tasbih, sholat hajat, sholat tahajud dan sholat lailatul qadar.

“Sujud terakhir nenuwun dateng Allah, Jawa Timur panjenegan paringi aman tentrem,”ujar KH Sholeh Bahrudin sebelum melaksanakan sholat lidaf’il Bala’ (sholat tolak bala’).

Tradisi malem likuran di Ponpes Ngalah Sengon Agung selama ramadhan sudah dilakukan selama puluhan tahun. Ribuan jama’ah melaksanakan sholat sunnah tersebut di dalam masjid maupun halaman dan jalan sekitar kompleks yakni Masjid Aminah, Masjid A (halaman ndalem), Asrama A, sampai F, sepanjang jalan mulai dari Kantor Yayasan Darut Taqwa sampai pertigaan Dusun Kembang Kuning, Halaman Kantor Madrasah Diniyah dan Halaman SMA Darut Taqwa. (yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

plat merah

Ini Syarat PNS yang Boleh Mudik Pakai Mobil Dinas

plat merah

Kendaraan Dinas Pemkot Pasuruan Boleh Dibawa Mudik