Peringati Hari Kemerdekaan, Satwa pun Ikut Upacara Bendera

671

Upacara SatwaPrigen (wartabromo) – Peringatan hari kemerdekaan RI ke-68 yang jatuh pada hari Sabtu (17/8/2013) hari ini, ternyata tidak hanya dirayakan oleh rakyat Indonesia semata. Semangat kemerdekaan tersebut ternyata juga dirayakan oleh para satwa koleksi Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan.

Puluhan satwa yang hidup di taman konservasi dan berasal dari berbagai belahan dunia tersebut ikut serta dalam pelaksaan upacara bendera dalam rangka peringatan hari kemerdekaan.

Mereka antara lain 3 ekor gajah, dua ekor unta, tiga anak harimau, 2 ekor kuda, satu ekor ular serta sejumlah satwa burung berbagai jenis.
Satwa-satwa tersebut berbaris rapi di halaman wahana aquatic land TSI II ditemani oleh para keeper yang berseragam merah putih.

Baca Juga :   Fatkhurrohman, Tuna Netra Penghafal Al-Qur'an

Para Keeper tersebut bertugas menjaga para satwa agar tetap tenang selama mengikuti upacara yang berlangsung sekitar 30 menit.
Seekor gajah yang sudah cukup terlatih bertugas sebagai pengibar bendera dalam upacara tersebut. Ia berhasil dengan sukses mengibarkan sang saka merah putih hingga ke puncak tiang dengan belalainya yang panjang dan kuat.

Manager Marketing Taman safari Indonesia II Prigen, Idham Rustian mengatakan, pelibatan satwa-satwa tersebut dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-68.

“Kita hanya ingin memeriahkan hari kemerdekaan ini dengan sesuatu yang unik,”ujar Idham

Idham mengaku, tidak mengalami kesulitan untuk mengajarkan para satwa tersebut agar bisa nurut selama upacara berlangsung. Pasalnya, mereka adalah para satwa yang sudah cukup terlatih dan berasal dari pangung show. (yog/yog)