900 CJH Pasuruan Manasik Haji Tanpa Miniatur Ka’bah

645
Manasik haji - Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyapa salah seorang calon jama'ah haji dalam manasik haji di GOR Bangil. Foto : eml
Manasik haji – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyapa salah seorang calon jama’ah haji dalam manasik haji di GOR Bangil. Foto : eml

Bangil (wartabromo) – Sebanyak 999 calon Jama’ah Haji asal Kabupaten Pasuruan mengikuti kegiatan manasik haji di Gedung olah raga Raci, Bangil yang diselenggarakan oleh Kementrian agama Kabupaten Pasuruan, Rabu (4/9/2013) kemarin.

999 orang jama’ah tersebut merupakan jumlah akhir dari total awal jamaah yang sudah dikurangi dengan  mutasi Jama’ah maupun pemotongan kuota calon haji oleh Pemerintah sebanyak 20%.

Sebagaimana tahun sebelumnya kegiatan manasik haji tahun ini pun berjalan dengan khusuk dan lancar. Hanya saja, tidak tampak terlihat miniatur Ka’bah maupun Maqom Ibrahim yang berada di tengah-tengah para jama’ah.

“Memang ada yang kurang, tapi kita mengikuti kurikulum yang ada tahun ini, bahwa tidak perlu untuk menghadirkan miniatur Ka’bah dalam manasik haji terakhir, ” ujar Barnoto, Kepala Kemenang Kabupaten Pasuruan pada WartaBromo.

Baca Juga :   Selama 5 Bulan, Korban dan Penyebar Foto Syur Tinggal Bersama di Bali

Menurutnya, ketiadaan Miniatur Ka’bah maupun Maqom Ibrahim merupakan petunjuk dari Kementerian Agama Pusat yang telah melakukan perubahan Kurikulum Teknis Pembinaan Haji tahun 2013 ini.

“Miniatur ka’bah dan maqom ibrahim sudah 3 kali dihadirkan dalam manasik haji massal, di semua KUA se-Kabupaten Pasuruan. Jadi sekarang tidak ada,”jelasnya.

Berdasarkan data Kemenang jumlah calon Jama’ah Haji yang akan diberangkatkan sebanyak 999 orang jama’ah. Jumlah tersebut merupakan jumlah jamaah terkecil dalam beberapa tahun terakhir, terlebih ketika Pemerintah Arab Saudi langsung melakukan pemotongan jumlah kuota jamaah hingga 20%, beberapa waktu lalu. (eml/yog)