128 Calhaj Probolinggo Berisiko Tinggi

725
Ilustrasi

Probolinggo (wartabromo) – Calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Probolinggo tahun ini mencapai 464 orang. Sebanyak 128 orang atau 27,6 persen berisiko tinggi.

Mereka berusia di atas 60 tahun, dan mengidap berbagai penyakit serius seperti hipertensi, jantung, paru-paru, kencing manis, hingga obesitas.

“Makanya mereka ini akan terus kita pantau. Mereka akan didampingi petugas kesehatan selama menjalankan ibadah haji,” ujar Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dr Dyah Kuncarawati, Senin (9/9/2013).

Dyah mengatakan jumlah calhaj yang berisiko meningkat dari tahun lalu.  “Tahun lalu, dari 877 orang tercatat hanya 14,2 persen yang berisiko tinggi,” imbuhnya.

Pihaknya mengatakan calhaj berisiko tinggi diketahui saat pemeriksaan tahap pertama di masing-masing Puskesmas. Mereka didominasi usia di atas 60 tahun.

Baca Juga :   Cewek Pohjentrek Meninggal Usai Pendarahan Saat Paksa Melahirkan di Kamar Mandi

“Karena kouta dikurangi, pemerintah memprioritaskan mereka yang berusia di atas 60 tahun tetap bisa berangkat,” ujarnya. (rhd/fyd)