Besok, Karyawan PT Kertas Leces Demo Tuntut Pembayaran Gaji

709

Probolinggo (wartabromo) – Ratusan karyawan PT Kertas Leces tergabung dalam Dewan Pimpinan Pengurus Serikat Karyawan Kertas Leces (DPP Sekar Leces) Kabupaten Probolinggo rencananya akan melakukan unjukrasa besar-besaran besok (Selasa, 10/92013.

Unjukrasa rencananya akan di lakukan di tiga titik, yaitu Depan Kantor Direksi PT Kertas Leces (Persero), Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Probolinggo serta Gedung DPRD Kabupaten Probolinggo. Mereka menuntut direksi agar segera membayar 6 bulan gaji dan hak-hak normatif lainnya.

“Sudah banyak jalur yang kita tempuh, supaya hak-hak kami segera di lunasi oleh pihak direksi PT Kertas Leces (Persero), tapi tak membuahkan hasil,” kata sekretaris DPP Sekar Leces, Arham, Senin (9/9/2013).

Baca Juga :   Alami Cidera di Bahunya, Bupati Pasuruan Jalani Operasi di Malang

Karyawan juga menuntut kepada pemerintah agar bersikap tegas atas pelanggaran undang-undang ketenagakerjaan yang dilakukan oleh manajemen PT Kertas Leces (Persero). Karyawan menilai PT Kertas Leces sudah menyalahi prosedural. “Masak karyawannya dibiarkan terlontang-lanting di jalan, sedangkan kewajiban sebagai karyawan telah ditunaikan, kini saatnya bersatu memperjuangakan hak normatif kita semua,” tandasnya.

PT Kertas Leces belum bisa dikonfirmasi terkait tuntutankaryawan ini. “Pak Joko (bagian humas PT Kertas Leces) sedang ke Surabaya,” kata salah seorang staf.

Berikut tuntutan karyawan kepada manajemen PT Kertas Leces:

1. Meminta manajemen membayar 6 bulan gaji dan penambahan upah akibat penundaan pembayaran, sesuai PP no 8 tahun 1981

2. Meminta manajemen untuk menyesuaikan Gaji/upah sesuai UMK 2013

Baca Juga :   Antena yang Bertulis Al-Qur'an Paling Murah dan Dijual 27 Ribuan

3. Meminta manajemen untuk membayar tunjangan pendidikan 2012 dan 2013

4. Meminta manajemen mengikutkan kembali karyawan dalam program Jamsostek

5. Meminta manajemen untuk memenuhi hak pensiun karyawan yang telah pensiun

6. Meminta manajemen melakukan perubahan status karyawan T1 menjadi T2

7. Hentikan pemberangusan Serikat Karyawan Kertas Leces

(rhd/fyd)