31 Desa di Pasuruan Gelar Pilkades Tahap Pertama

831
Pilkades Tahap Pertama - Para Calon Kepala Desa di Desa Wonosari Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan.
Pilkades Tahap Pertama – Para Calon Kepala Desa di Desa Wonosari Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan. Foto : ryn

Sukorejo (wartabromo) – Sebanyak 31 desa dari 241 desa yang tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa tahap pertama periode 2013-2019, Minggu (6/10/2013).

Dari pantauan wartabromo, antusiasme warga desa untuk memberikan hak pilihnya cukup besar dibandingkan pelaksanaan pemilukada yang telah berlangsung beberapa waktu lalu. Hal ini terlihat dari jumlah pemilih yang datang ke TPS di masing-masing Desa.

Seperti yang terlihat di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo, Pasuruan. Kursi pemilih yang disediakan oleh panitia nampak penuh oleh calon pemilih sejak awal dibuka pukul 07.00 wib.

“Dari 4.087 pemilih yang ada, hampir 85 persen telah mendatangi TPS untuk mencoblos,”ujar Abdus Salim, Ketua Panitia Pilkades di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo.

Baca Juga :   Kaca Mobil Pecah, Senpi Milik Anggota Satreskrim Polres Pasuruan Kota Raib

Menurutnya, semangat warga untuk memilih Kepala Desa didasari rasa emosional dan kedekatan terhadap masing-masing calon Kepala Desa yang maju dalam pilkades tersebut.

“Sejauh ini pelaksanaan Pilkades berjalan cukup meriah dan tertib,”lanjutnya.

Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejo sendiri terdapat 5 calon Kepala Desa yang bertarung untuk memperebutkan kursi Kades. Pihak Panitia setempat menganggarkan dana Pilkades tersebut sebanyak Rp. 72,5 juta berasal dari Anggaran Dana Desa serta sumbangan dari kelima calon Kades.

Untuk diketahui, pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Pasuruan dilakukan dalam 3 tahap pelaksanaan. Tahap pertama dilangsungkan pada hari ini (6/10/2013), tahap kedua pada tanggal 20 oktober dan tahap ketiga yakni pada tangggl 27 oktober 2013. (ryn/yog)