Inspektorat Probolinggo Pelototi Banyak Istri PNS Nyaleg

859

Probolinggo (wartabromo) – Inspektorat Kabupaten Probolinggo tengah serius memantau banyaknya istri PNS di lingkungan Pemkab Kabupaten Probolinggo yang mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dalam pileg 2014. Para PNS pun diwanti-wanti tidak ikut cawe-cawe dan berkampanye.

“Kita meminta kepada si suami yang berstatus PNS harus bersifat disiplin, tidak kut mengkampanyekan istrinya,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Probolinggo, Senin (7/10/2013).

Pihaknya mengaku akan melakukan pengawasan agar para PNS tetap profesional dan tidak ikut dalam setiap proses pemilihan. “Namun saat ini kami belum menerima laporan resmi dari pihak siapapun terkait PNS yang mengakampenyekan kepada masyarakat dari dinas manapun,” ungkanya.

Baca Juga :   Tiga Kecamatan KLB Campak, Pengobatan Massal Dilakukan

Jika ditemukan PNS yang nekat ikut cawe-cawe dalam urusan politik dan pencalonan, pihaknya tak segan-segan bertindak. “Kalau pun ada yang melaporkan kepada Inspektorar, untuk tindakannya kita berikan kepada Kepala Daerah dalam hal ini bupati,” tandasnya.

Kepala Dispenda Kabupaten Probolinggo, Santiono ,yang istrinya juga mendaftarkan diri sebagai caleg dari Dapil IV Kraksaan, Besuk dan Gading dari Partai PKB menagaskan memberi kebebasan pada istrinya untuk nyaleg. Ia tegaskan tak akan ikut campur untuk mencari suara rakyat demi kemenangan istrinya.

“Saya tau dirilah, masak saya harus ikut terlibat untuk mencari suara demi kemenangan istri saya,” kata Santiono. (rhd/fyd)