10.084 Jama’ah Ishari Pasuruan Pecahkan Rekor MURI

701

rekor-muri-ishari-pasuruanPandaan (wartabromo) – Taman Candra Wilwatikta Pandaan dipadati oleh ribuan jama’ah Seni Ishari se-Kabupaten Pasuruan, Selasa (8/10/2013) malam.

Ribuan Jama’ah yang mengenakan pakaian serba putih datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan untuk bersholawat dan memukul rebana atau alat musik hadrah secara bersamaan di tribun Amphitheater Candrawilwatikta, Pandaan.

Kegiatan yang digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasuruan ke-1084 itu pun memecahkan museum rekor Indonesia (MURI) sebagai pemukul rebana atau peserta hadrah terbanyak di Indonesia.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf selaku pemrakarsa kegiatan 10.084 jamaah pemukul rebana (terbang ishari) pun langsung mendapatkan kehormatan untuk menerima penghargaan MURI dari Manager senior Museum Rekor Indonesia, Sri Widayati.

Baca Juga :   Potong Pohon Mangrove, Buruh Tani Dibui dan Didenda 2 Miliar

Sambutan baik pun dilontarkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Gus Ipul mengaku bangga dan berharap agar seni Ishari di Indonesia tetap bisa dilestarikan sebagai salah satu budaya islami dikalangan nahdliyin.

“Ishari merupakan sarana penyebaran Islam sejak dulu, karennaya patut dilestarikan,”ujar Gus Ipul saat memberikan sambutannya. (ryn/yog)