Kabupaten Pasuruan Masih Kekurangan Puluhan Dokter

745
Seorang dokter anak di RSUD Bangil sedang melakukan pemeriksaan. foto : eml
Seorang dokter anak di RSUD Bangil sedang melakukan pemeriksaan. foto : eml

Pasuruan (wartabromo) – Pada peringatan Hari Dokter Nasional yang jatuh pada 24 oktober 2013 ini, Kabupaten Pasuruan ternyata masih mengalami kekurangan jumlah Dokter yang seharusnya bertugas di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Drg Loembini Pedjati Lajoeng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan menyebutkan, Jumlah dokter yang dibutuhkan tersebut antara lain 17 dokter umum dan 7 dokter gigi yang akan ditempatkan di 18 Puskesmas rawat inap hingga pukul 9 malam.

“Kebutuhan akan dokter sangat penting bagi kami, karena ini adalah kebutuhan mendasar,” ujarnya pada wartabromo, Kamis (24/10/2013).

Tak hanya Puskesmas, lanjutnya, RSUD Bangil juga sangat membutuhkan dokter spesialis jantung, dokter jiwa dan dokter anak.

Baca Juga :   Simpan Sabu dalam Rokok, 2 Pria Diringkus Polisi

“Saat ini RSUD Bangil hanya memiliki 2 dokter anak, 1 dokter kandungan, 2 dokter spesialis bedah dan 3 orang dokter spesialis penyakit dalam,” terang Loembini.

Dijelaskannya saat ini, RSUD Bangil memang masih tergolong Rumah sakit Tipe C namun supaya menjadi Tipe B maka salah satu persyaratan utama adalah memenuhi jumlah dokter khususnya spesialis.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan sendiri memiliki sekitar 71 dokter yang bertugas di Puskesmas maupun Rumah Sakit, pihaknya berharap pada tahun 2014 nanti jumlah tersebut bisa bertambah. (eml/yog)