Pendakian Gunung Arjuno Ditutup Cegah Kebakaran

569
Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup untuk semua aktivitas pendakian. Penutupan dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan yang diduga karena aktivitas para pendaki.

“Penutupan di ketiga jalur pendakian, yakni Pos Tretes di Prigen, Pos Tambaksari di Purwodadi dan Pos Lawang,” kata Kepala Seksi Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Wilayah Pasuruan-Malang, Gatot Sundoro, Kamis (14/11/2013).

Semua pendaki, para peneliti tidak diizinkan naik ke atas gunung. Warga dan petani untuk sementara juga tidak diperbolehkan beraktifitas di kawasan tersebut. “Penutupan sampai turun hujan lebat,” tandas Gatot.

Tahura tidak peduli dengan pemasukan yang hilang karena menutup pendakian. Kerugian akibat kebakaran tidak bisa dinilai dengan uang.

“Lebih baik ditutup daripada terjadi kebakaran lagi. Kebakaran kemarin yang mencapai puluhan hektar kerugiannya tidak ternilai,” tandasnya.

Baca Juga :   'Petani Pintar di Pasuruan Bisa Kaya'

Senin (11/11), kebakaran kembali terjadi di kawasan Tahura meludeskan sekitar 30 hektar. Kebakaran diduga disebabkan aktivitas pendakian.

Para pendaki menyalahkan api unggun untuk mengusir dingin, membuat makanan dan minuman. Api unggun tersebut tidak padam saat ditinggalkan sehingga saat angin kencang, percikan api membakar kayu-kayu kering dan menyebabkan kebakaran. (fyd/fyd)