12:39 - Sabtu, 25 November 2017
Senin, 2 Desember 2013 | 11:44

238 Orang Kepala Desa Dilantik, 1 Orang Mengundurkan Diri

DSC_1520-1Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 238 orang Kepala Desa terpilih dari 242 Desa yang menyelenggarakan Pilkades di Kabupaten Pasuruan dilantik secara resmi di Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (2/12/2013).

Ke-238 orang Kepala Desa tersebut merupakan Kepala Desa terpilih dalam proses pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Pasuruan yang dilakukan dalam tiga tahap pada bulan oktober lalu.

Sementara, 3 orang Kepala Desa terpilih lainnya yakni Desa Manikrejo dan Karangpandan Kecamatan Rejoso serta Desa Ngadiwono Kecamatan Tosari tidak diikutkan dalam pelantikan dan 1 orang Kepala Desa terpilih asal Desa Karangasem Kecamatan Wonorejo menyatakan mengundurkan diri.

“3 orang Kades terpilih tidak dilantik hari ini, karena pelaksanaan Pilkades-nya setelah tanggal 27 oktober, dan 1 orang mengundurkan diri dengan alasan tidak siap,” ujar Kepala Dinas Kominfo, Sunyono.

Menurutnya, paska dilantik, para Kepala Desa terpilih tersebut secara resmi telah menduduki jabatan baru dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Dalam proses Pilkades ada dua delik aduan yang bisa dilakukan, yakni delik pidana dan delik administrasi. Setelah dilantik ini maka delik administrasinya sudah gugur, ” tambah Sunyono.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf usai melantik para kepala Desa tersebut berharap, mereka mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya.

“Saya berharap proses demokrasi di daerah bisa berjalan baik dan mereka (Kades, red) yang sudah dilantik bisa melaksanakan tugasnya. Kita melalui camat akan melakukan pembinaan dan pengarahan,” ujar Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat ditemui usai pelantikan. (yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

477 Pemilih Ber-NIK Invalid di Pasuruan Belum Teridentifikasi

Marak Kejahatan, Pemkab Pasuruan Beri Motor dan Mobil pada Polisi