16:43 - Sabtu, 25 November 2017
Rabu, 4 Desember 2013 | 11:49

Mangga Gadung Pasuruan Menangi Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara

Wakil Presiden Boediono memberikan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kepada Ketua Gapoktan Makmur Sentosa, Slamet Yakob di Istana Wakil Presiden Jakarta, 28 November 2013./ Istimewa

Pasuruan (wartabromo) – Mangga Gadung Klonal 21 asli Kabupaten Pasuruan berhasil menyabet juara Lomba Agribis Holtikultura Tanaman Buah Mangga Tingkat Nasional dan mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2013. Penghargaan bergensi dalam bidang pertanian ini sudah dinantikan selama bertahun-tahun.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia Jakarta pada Kamis 28 November lalu. Penghargaan diterima langsung oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makmur Sentosa Kecamatan Rembang, Slamet Yakob.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pasuruan, Ihwan, mengatakan penghargaan diperoleh karena karena kerja keras semua pihak, khususnya petani mangga. Pemkab Pasuruan maupun petani mangga dinyatakan sudah memiliki kesiapan menjadikan Mangga Gadung Klonal 21 sebagai ikon buah di Indonesia.

Para petani di Kecamatan Rembang dinyatakan berhasil dalam mempelopori, meningkatkan dan memberikan keteladanan untuk mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, serta kedaulatan pangan tahun 2013. Selain itu, kriteria penilaian juga dari segi administrasi, pemasaran, pengembangan, hingga bagaimana pemda setempat memberikan perhatian akan keberlangsungan para petani mangga.

“Saya bahagia sekali mangga kita akhirnya menjadi juara, karena semua kriteria yang diperlukan oleh tim penilai sudah kita penuhi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pasuruan, Ihwan, Rabu (4/12/2013).

Mangga Gadung Klonal 21 tumbuh subur di Kecamatan Rembang, Sukorejo, dan Wonorejo tersebar di lahan sebanyak 2.250 Ha dengan jumlah tanaman mencapai 337.375. Tanaman buah ini mulai dikembangkan sejak 1994 melalui program Pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu.

Dengan penghargaan ini, Dinas dan Gapoktan akan terus dipertahankan hingga kualitas Mangga Gadung Klonal 21 agar benar-benar dikenal sampai mancanegara. (eml/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Harga Bahan Pokok di Pasaran Melonjak Lagi

BP3M : Nilai Investasi di Pasuruan Naik dari Tahun ke Tahun