14:22 - Sabtu, 25 November 2017
Kamis, 19 Desember 2013 | 17:17

Paska Bencana, BNPB Kucurkan Dana Milyaran Rupiah

Kepala BNBP ketika di rumah Pringgitan Bupati Probolinggo

Kepala BNBP, Syamsul Ma’arif bersama Bupati Probolinggo Tantriana Sari / rhd

Probolinggo (wartabromo) – Jembatan Desa Bago Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo akan segera mendapatkan perbaikan setelah cukup lama terputus akibat banjir bandang beberapa waktu lalu.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) telah mengucurkan dana bantuan sebesar Rp. 5,5 M untuk perbaikan tanggul dan jembatan yang menghubungkan antara Desa Bago dengan Desa Ranu Kecamatan Pakuniran, Probolinggo.

“Anggarannya 4 miliar untuk membuat tangkis dan untuk pembangunan jembatan, kita anggarkan 1,5 miliar rupiah. Jadi total untuk di Desa Bago Kecamatan Besuk, ada 5,5 miliar,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Syamsul Ma’arif, Kamis (19/12/2013).

Syamsul sengaja datang ke sejumlah wilayah tapal kuda untuk melihat langsung kondisi paska bencana banjir yang telah merusakkan sarana dan prasarana umum di sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo.

“Itu tadi saya melihat tempat bajir bandang di Desa Bago Kecamatan Besuk,” jelas  Syamsul yang didampingi Bupati Probolinggo Tantriana Sari pada sejumlah wartawan di rumah pringgitan Kabupaten Probolinggo.

Menurutnya, kondisi cuaca ekstrem kerapkali mengakibatkan bencana alam datang kapan saja. Namun jika dilihat dari segi ektremnya cuaca,  kemungkinan besar terjadi pada bulan Januari dan Pebruari.

BNPB, kata Syamsul, sengaja mengucurkan dana untuk pembuatan tangkis atau tanggul penahan air agar warga merasa aman dan nyaman saat banjir datang sehingga tidak meluber ke pemukiman warga.

“Kejadian yang menimpa warga di tahun 2012 biar tidak terulang lagi. Sehingga kita upayakan agar air itu jangan sampai lolos terus ke rumah warga,”ujarnya. (rhd/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Pulang dalam Kondisi Sakit, TKI asal Prigen Diduga Ditelantarkan

Kades Dituduh Korupsi ADD, Ribuan Warga Demo Kejaksaan