15:11 - Minggu, 23 November 0983
Kamis, 26 Desember 2013 | 18:47

Arjuno Ramai Dikunjungi Para Pendaki

pendaki arjunoPrigen (wartabromo) – Jelang moment pergantian tahun, Kawasan gunung arjuno ramai dikunjungi oleh para pedaki yang ingin menikmati malam pergantian tahun di puncak gunung yang berketinggian 3.339 mdpl tersebut.

Kepala Seksi Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Wilayah Pasuruan-Malang, Gatot Sundoro mengatakan, pihaknya tidak membatasi jumlah pengunjung yang akan melakukan pendakian jelang akhir tahun 2013. Namun demikian, pihaknya meminta agar para pendaki tetap waspada serta membawa perbekalan yang cukup. Pasalnya, selain musim penghujan, kondisi cuaca di gunung arjuno juga tidak menentu.

“Untuk sementara kami mempersilahkan para pedaki untuk naik. Kami akan menutup jalur pendakian apabila terjadi cuaca extrim seperti badai dan hujan lebat,” ujar Sundoro.

Untuk mencapai puncak Arjuni, para pendaki biasanya melawati empat jalur pendakian yakni melalui jalur Lawang di Malang, Cangar di Batu, Tambak sari di Kecamatan Purwosari, dan jalur Prigen, Pasuruan.

“Tiap tahun, jumlah pengunjung yang mendaki ke gunung arjuno mengalami peningkatan, meskipun tidak terlalu signifikan,” jelas Sundoro.

Sebelum melakukan pendakian, para pendaki diminta untuk melaporkan dan meminta ijin ke pos pendakian terlebih dahulu dengan cara mengisi data pribadi untuk memudahkan petugas melakukan pemantauan para pendaki.

“Kami berharap selama melakukan pendakian ke puncak Arjuno, para pendaki lebih memetingkan keselamatan masing-masing,” pungkas Gatot Sundoro. (ryn/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Jelang Tahun Baru, Bengkel Motor akan Dirazia Polisi

Hotel di Puncak Tretes Sudah ‘Full Booking’