Pengidap Kusta Pemakan Tikus akan Dirujuk ke RS Kusta Mojokerto

715

penderita-kusta-probolinggoKuripan (wartabromo) – Sarep (40) penderita penyakit kusta warga Dusun Kalibendo Desa Menyono Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo akan segera di rujuk ke rumah sakit Kusta Sumbergalah, Mojokerto. Sarep rencananya akan di rujuk pada Sabtu (18/1/2014) besok oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur.

Menurut Sumarsono Kabid Pengendalian penyakit Kusta Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, kalau keadaan Sarep sangat buruk dan perlu di rujuk.

“Setelah kami cek ke lokasi, Pak Sarep masuk Stadium 4  dan ini harus di tangani secepatnya,”jelasnya.

Dijelaskannya, penderita penyakit kusta yang sudah 5 tahun lamanya tersebut bisa meninggal.

Kebiasaan, Sarep yang sering memakan tikus, kucing atau ular. Pihak Dinkes menilai, akan mengakibatkan lambung tidak stabil serta membuat pencernaannya tidak stabil pula.

Baca Juga :   Sah, Pengurus PWI Pasuruan Periode 2017-2020 Dilantik

“Susah ya, kalau sudah dikucilkan seperti ini,”ucapnya.

Kepala desa Menyono Kecamatan Kuripan Misdor mengaku, kalau keberadaan warganya itu memang sangat memprihatinkan. Bahkan, kades yang baru di lantik itu, sudah meminta kepada keluarganya untuk dibawa pulang lagi dari tengah hutan oleh keluarganya.

“Saya sudah berulang kali menyuruh keluarganya supaya di pulangkan. Tapi tidak direken (dihiraukan,red) sama keluarganya,”ucapnya.

Jika benar, Sarep akan di rujuk ke rumah sakit, Misdor mengaku sangat berterima kasih. Sebab, selama ini dirinya selalu berupaya agar mendapatkan perhatian dari dinas terkait. (rhd/yog)