Hanura Probolinggo Dukung Saksi Parpol Dibiayai Negara

707

Saksi-PemiluProbolinggo (wartabromo) – Rencana pemerintah untuk membiayai honor saksi parpol pada pemilu legislatif mendatang mendapat respon positip dari sejumlah pengurus parpol di daerah. Salah satunya DPC Partai Hanura Kabupaten Probolinggo. Mereka mengaku sangat mendukung rencana honor saksi parpol dibiaya oleh pemerintah.

Wakil Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Probolinggo, Tirnam mengatakan, Sikap dukungan tersebut dilakukan karena jika direalisasikan akan mampu menekan terjadinya kecurangan pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Selama ini banyak saksi parpol yang memang tidak lengkap di lapangan. Kalau setiap TPS nanti sudah ada saksi, itu bisa menekan terjadinya kecurangan suara,”ujar Tirnam Jum’at (24/1/2014).

Menurutnya, peran saksi di setiap TPS itu sangat penting lantaran selama ini sangat rawan dengan permainan dan rekayasa yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga :   100 Rumah Warga Jatiarjo Dijadikan 'Hotel' Peserta Sarasehan Tani

Jika biaya saksi parpol di TPS ditanggung oleh pemerintah maka akan meringankan beban parpol itu sendiri. Apalagi, masih banyak parpol yang tidak mengeluarkan saksi untuk tiap-tiap TPS.

“Banyaknya jumlah TPS yang ada di Kabupaten jelas sangat berpengaruh terhadap membengkaknya anggaran parpol itu sendiri,”tambahnya.

Sekedar diketahui, meski mengundang kontroversi, pada pemilu legeslatif 2014 mendatang muncul rencana saksi pemilu di tiap-tiap TPS akan dibiayai oleh pemerintah. Besarnya biaya saksi tersebut sebesar Rp.100 ribu perorang.

Kementerian Keuangan sendiri telah menyetujui anggaran pengawasan pemilihan legislatif kepada Badan Pengawas Pemilu Rp1,5 triliun. Dari jumlah itu, Rp800 miliar untuk pembiayaan pengawasan pemilu sedangkan Rp700 miliar untuk pembiayaan saksi partai politik pada saat hari pemungutan suara. (rhd/yog)