Panglima TNI : 5 Oktober Tank Leopard Siap Digunakan

701
Panglima-TNI-Leopard
Panglima TNI Jendral TNI dr Moeldoko naik Tank di Yonkav / 8 Tank Beji Pasuruan / yogi

Beji (wartabromo) – Panglima TNI Jendral TNI dr Moeldoko memastikan personil TNI AD telah siap untuk kedatangan Tank Leopard asal Jerman oktober 2014 mendatang. Hal ini ditunjukkan dengan kesiapan fisik garasi serta kemampuan personilnya yang telah dikirim untuk mempelajari Tank kelas berat pertama dalam sejarah kavaleri tersebut.

“Kita sudah siapkan semuanya termasuk mengirim personil untuk belajar dan menguasai secara teknis Tank leopard tersebut ke Jerman dan Singapura,” ujar Jendral Moeldoko saat mendampingi Menhan RI Purnomo Yusgiantoro meninjau garasi Tank Leopard di Yonkav/ 8 Tank Beji, Pasuruan, Senin (27/1/2014).

Moeldoko mengatakan, sebelum tanggal 5 oktober 2014 Tank Leopard yang dibeli oleh indonesia dari Jerman dipastikan sudah datang dan siap digunakan.

Baca Juga :   Warga Nogosari Segel Kavlingan Bekas Tanah Bengkok

“Kita juga sudah menyiapkan lokasi untuk melakukan latihan dan manuver kaveleri nantinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Saat ini, Indonesia sudah kedatangan 2 unit Leopard 2A4 dan 2 unit Marder yang sudah ada di Yonkav 8/tank Beji, Pasuruan.

Empat tank itu merupakan bagian 156 unit tank Leopard RI, Leopard 2A4, dan tank Marder, yang dibeli dari Jerman dengan total biaya yang diklaim tak melebihi anggaran senilai US$ 280 juta.  Untuk MBT Leopard akan dilengkapi tank recovery, tank bridge layer, dan ambulans. (yog/yog)