Dongkrak Elektabilitas, Caleg Pasuruan Pasang Foto Jokowi

776
Caleg PDIP pasang foto Gubernur DKI Joko Widodo dalam poster kampanye, Rabu (29/1/2014). Foto: G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Popularitas Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi menggoda calon legislatif di daerah untuk memasang foto mantan walikota Solo ini di poster kampanye. Dengan cara itu diharapkan elektabilitasnya akan terdongkrak.

Di Kota Pasuruan, misalnya, salah seorang caleg DPRD setempat sudah memasang foto bersama Jokowi di poster kampanye. Poster-poster tersebut dipasang di sejumlah tempat, baik di pohon maupun di tiang listrik di wilayah Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul.

Adalah Sulhendri Sulaiman, caleg nomor 2 Dapil 3 Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan yang memasang foto bersama Jokowi. Ia mengaku sudah mendapat izin dari orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut.

“Saya sudah dapat izin dari beliau. Nanti akan kita tambah lagi. Kita sudah siapkan 112 poster dengan Pak Jokowi,” kata Sulhendri Sulaiman, kepada wartabromo.com.

Baca Juga :   Pasangan Rukmini-Suhadak Unggul dalam Pilwalkot Probolinggo

Dalam poster tersebut Jokowi memakai kemeja warna putih ciri khasnya. Ia tersenyum dan menunjukkan angka 2 dengan tangannya mengisyaratkan agar semua orang yang melihat memilih caleg tersebut. Poster tersebut juga menyebut Jokowi sebagai Bacapres PDIP Perjuangan dalam tagline di bawah nama Jokowi.

“Motivasi memasang foto Jokowi untuk mengangkat suara partai. Yang kedua untuk mendukung salah satu kader terbaik partai dicapreskan, tentu dengan restu ketua umum,” jelas Izul, sapaan akrabnya.

Izul mengaku menggunakan metode blusukan ala Jokowi untuk mendekati warga dan menyampaikan program partai.

Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan, Luluk Mauludiyah, mengatakan partai tidak melarang kader dan caleg memasang foto Jokowi untuk kepentingan kampanye. “Namun ini bukan instruksi partai,” kata Anggota DPRD Jawa Timur ini. (fyd/fyd)