Dibangun MCK Komunal, Warga Pasuruan Diharapkan Tak Buang Hajat di Sungai

806
Ilustrasi MCK Komunal/ Sumber: bkmanuntodea.blogspot.com

Pasuruan (wartabromo) – Selama ini masih banyak warga Kota Pasuruan yang memanfaatkan air sungai yang kotor untuk mandi cuci dan kakus. Sebanyak 9 fasilitas Mandi Cuci dan Kakus (MCK) Komunal pun dibangun dengan harapan kebutuhan terhadap sanitasi yang sehat terpenuhi.

9 Mandi Cuci Kakus (MCK) komunal tersebut dibangun di Kelurahan Krampyangan,  Karangketug, Karanganyar, Krapyak, Tambakan, Randusari, Wirogunan, Purworejo dan Pojentrek. Pembangunan mengggunakan dana bantuan APBN 2013, melalui Kementrian PU.

“Kini warga bisa menggunakan fasilitas tersebut tanpa harus beraktivitas di sungai yang berair keruh ataupun MCK kotor,” kata Kabid Humas Pemkot Pasuruan, Supriyanto, Selasa (11/2/2014).

Menurut Supriyanto, MCK komunal yang diperuntukan bagi 60 kepala keluarga ini nantinya dapat mengatasi permasalahan sanitasi di Kota Pasuruan. Diharapkan bisa mengurangi kebiasaan lama masyarakat yang menggunakan sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :   Alasan Wanita Tak Menikmati Seks

Dialokasikan dana Rp 350 juta untuk pembangunan 9 MCK komunal tersebut. Dana tersebut, langsung ditransfer ke rekening Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di masing-masing kelurahan.

“Terkait pengelolaan dan pemeliharaannya akan diserahkan ke masing-masing kelompok di tiap kelurahan,” pungkas Supriyanto. (fyd/fyd)