Kaca Mobil Dipecah Saat Makan di Warung, Uang Tunai 177 Juta Amblas

712
pecah-kaca-mobil-probolingg
Kondisi mobil usai dipecah kacanya oleh pelaku / rhd

Mayangan (wartabromo) – Aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil terjadi di Kota Probolinggo. Kali ini, sebuah mobil Toyota jenis Avanza warna silver yang sedang diparkir di seputaran alun-alun Kota Probolinggo dipecah kacanya oleh dua orang tak dikenal, Senin (24/2/2014) sore. Akibatnya uang total Rp. 177 juta beserta cek dan surat-surat kapling lainnya hilang dibawa kabur oleh pelaku yang menggunakan helm teropong tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapatkan wartabromo, peristiwa pencurian ini terjadi sekitar pukul 16.30 wib di depan sebuah warung di alun-alun Kota Probolinggo.

Mobil Toyota Avanza bernopol B 1875 UZQ yang sedang parkir di pecahkan kacanya oleh dua orang tak dikenal pada bagian depan sebelah kiri saat di parkir sekitar 10 meter dari warung yang ditempati korban untuk makan.

Baca Juga :   BKSDA Sita Burung Merak Hijau dari Padepokan Dimas Kanjeng

Tak pelak, tas rangsel warna hitam berisi uang yang berada di bawah kursi depan sebelah kiri raib digondol pelaku. Uang tersebut baru saja diambilnya dari bank BNI Cabang Probolinggo oleh korban, Yuli Laksmana Rahmad (25) warga Sumber Mujur RT 02 RW 01 Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Tak pelak, korban yang saat itu hanya sendirian terkejut bukan kepalang. Ia baru menyadari aksi pencurian tersebut setelah diberitahu oleh salah satu pedagang jika kaca mobil dipecahkan oleh dua orang yang menggunakan helm teropong.

“Saya langsung tertuju ke tas rangsel itu. Saya cari tas rangsel itu sudah tidak ada di tempat yang simpan tadi,”terang korban yang langsung melaporkan kejadian ini ke Mapolres Probolinggo Kota.

Baca Juga :   Bentuk Pokja Masyarakat Sipil, Kemendesa Rangkul LSM dan NGO

Diduga, kedua pelaku yang sempat terlihat warga menggunakan Yamaha RX King ini sudah membuntuti korban ketika ia melakukan pencairan sejumlah uang di Bank BNI Cabang Probolinggo di Jalan Suroyo Kota Probolinggo.

“Saya tidak tahu kalau dibuntuti apa tidak. Tapi sempat ada 1 orang tadi sewaktu di luar bank itu melihat mobil saya,”jelasnya.

Rahmad menyebutkan, kalau di dalam tas rangsel warna hitam yang hilang tersebut berisi uang tunai 156 juta rupiah dibungkus kain warna coklat, di map plastik warna merah ada uang tunai 21 juta rupiah dan 1 bendel cek kosong, 2 bendel cek kosong, surat kapling Pinus TPK Gunung Sari Banyuwangi, dan juga NPWP atas nama dirinya.

Baca Juga :   Siswa SMP Sembunyikan Miras Oplosan di Sekolah

“Ada juga surat ijin usaha atas nama PT Rimba Sejahtera, buku tabungan bank BCA  dan buku Tabungan Bank Mandiri atas nama saya, semuanya begitu juga 1 buah stempel bulat atas nama CV Alam Sejahtera,”beber korban.

Atas kejadian tersebut, polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara malam ini juga.

“Kita masih melakukan pengejaran dan penyelidikan,” ujar Ipda Edi Sukandar, salah seorang petugas di Mapolres Probolinggo Kota.

Berdasarkan keterangan yang didapat, pelaku berjumlah dua orang dan mengendarai sepeda motor jenis Yamaha RX King kabur ke arah barat dan lewat depan Polres Probolinggo Kota. (rhd/yog)