Tuduh Penggelembungan Suara, Relawan Caleg Demo PPK

864

demo-Pemilu-legislatifGading (wartabromo) – Diduga suara digelembungkan oleh PPK, puluhan relawan pemenangan caleg dari Partai Gerindra menggeruduk Kantor PPK Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo, Selasa (15/4/2014).

Mereka melakukan aksi penolakan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh PPK Gading dengan alasan ada upaya terstruktur penggelembungan suara untuk Caleg Nomor 5 Partai Gerindra atas nama Rini Triana.

“Ada pengurangan suara untuk Caleg Nomor 7 atas nama Atiq Ali Rahbini dan pengurangan itu ditambahkan kepada Rini Triana,”jelas Agus Suhari koordinator pemenangan Atiq Ali Rahbini.

Selain itu, Agus juga menolak seluruh form C1 yang dikeluarkan oleh Partai Gerindra. Pasalnya, para saksi diduga sudah dikondisikan oleh caleg nomor 5 serta ditemukan coretan menggunakan tipe X dalam Form C1 Saksi Gerindra.

Baca Juga :   Bupati Pasuruan Mengaku Berupaya Atasi Pencemaran Sungai Wangi

“Kami menyerahkan proses rekapitulasi sepenuhnya kepada KPU berdasarkan perhitungan manual pada pleno papan perhitungan suara,”ungkap Agus.

Lebih lanjut berdasarkan perhitungan manual dan laporan tim relawan nomor 7 dari 338 TPS di dapil IV yang meliputi Kecamatan Gading, Besuk dan Kraksaan. Kalau Suara dari Caleg Gerindra Nomor 7 itu sebanyak 3.700 suara.

“PPK disinyalir melakukan rekapitulasi yang aneh karena rekapitulasi tertera hasil perolehan suara. Padahal data perolehan banyak yang salah,”tutur Agus.

Ketua PPK Kecamatan Gading Abdul Hamid menepis selama ini pihaknya tidak mengeluarkan hasil rekapitulasi.

“Selama ini dari pihak PPK sendiri, tidak pernah memberikan rekapitulasi. Bahkan, dari saksi partai sendiri baik di tingkat PPS dan KPPS di Kecamatan Gading ini tidak pernah mengajukan keberatan,”dalihnya. (rhd/yog)