15:11 - Kamis, 23 November 1071
Rabu, 28 Mei 2014 | 19:43

Mencari Kantin Sekolah Paling Sehat di Kabupaten Pasuruan

lomba-makanan-pasuruanPasuruan (wartabromo) – Kantin sekolah seringkali menjadi favorit siswa untuk melepas lelah atau pun mengisi perut yang kosong selama jam istirahat. Tapi, siapa sangka jika tempat favorit pelajar ini layak untuk dilombakan sebagai kantin terbaik sekaligus sebagai lokasi favorit paling sehat di Kabupaten Pasuruan.

Ibu-ibu Dharma wanita Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan memiliki ide segar ini untuk melombakan kantin sehat sekolah se-kabupaten Pasuruan mulai tanggal 26 mei – 21 juni 2014.

Dari data yang dihimpun wartabromo, lomba kantin sehat ini pun mendapatkan antusias dari berbagai sekolah di Kabupaten Pasuruan mulai tingkat Sekolah dasar hingga menengah atas.

Indah Yudiani, Ketua Dharma Wanita Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, kriteria yang dinilai dalam lomba kantin sehat tersebut meliputi beberapa aspek, di antaranya fisik, kebersihan lingkungan, kebersihan makanan dan minuman, pengelolaan atau managemen administrasi, pengelolaan limbah, dan perkembangan laporan keuangan kantin.

“Kantin yang baik berjarak lebih dari 10 meter dengan kelas siswa, kemudian memiliki tempat cuci tangan, meja dan kursi duduk, pencahayaan yang cukup, serta dapat memberikan kenyamanan pada saat siswa mengisi waktu intirahat untuk makan dan minum,” ujar Indah saat menilai kantin sehat milik SMAN 1 Kejayan, Rabu (28/5/2014).

Menurutnya, untuk melakukan penilaian kantin sehat ini, pihaknya menerjunkan sejumlah tim juri baik dari pengawas sekolah hingga pengurus Dharma Wanita Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Mereka diberikan tugas masing-masing secara proporsional dan professional.

“Sebenarnya juara bukanlah target kami, akan tetapi lebih pada bagaimana sekolah dapat memaksimalkan fungsi kantin yang benar-benar sehat, yakni tidak menjual makanan dan minuman yang mengandung 5 P (pengawet, penyedap, pemanis, pewarna dan pengenyal), dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di antara para pelajar maupun penghuni sekolah lainnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 24 sekolah Dasar dan 125 sekolah tingkat menengah dan atas di Kabupaten Pasuruan ikut serta dalam lomba kantin sehat ini. Selamat berlomba!. (eml/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Paska Kelulusan, Pemohon Kartu Kuning di Pasuruan Membludak

Pelajar SMAN Pandaan Diterima di Kampusnya Jokowi