Rem Blong, Truk Pasir Disasak KA Mutira Timur

696

Tegal Siwalan (wartabromo) – Diduga lantaran mengalami rem blong, sebuah truk bermuatan pasir menyasak palang pintu perlintasan kereta api di Desa Malasan, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Senin (2/5/2014) dini hari.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun truk yang melintang di tengah rel itu sempat tersasak KA Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi.

Berdasarkan pantauan wartabromo di lokasi, kondisi truk nopol B 9778 WT tersebut mengalami kerusakan cukup parah pada bagian depan dan tengah bodi truk. Sementara pasir yang diangkutnya tumpah di tengah rel.

Saleh, sang sopir truk yang diketahui warga Pulau Madura mengaku, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 01.30 wib saat itu dirinya dari arah selatan menuju ke utara. Namun, tiba-tiba truk yang di kendarainya mengalami rem blong.

“Tepat di 100 meter, sebelum perlintasan rel kereta api yang tengah tertutup. Saya menghindari 3 mobil yang persis di depan saya. Dari pada terjadi korban jiwa, saya banting setir,”ujar Saleh.

Saat bersamaan dari arah timur, muncul kerata api MutiaraTimur. Kereta api barang jurusan Surabaya itu pun langsung mengerem secara mendadak. Namun, usaha itu tidak bisa di hindarkan.

“Saya langsung lari untuk memberi tahu kereta api agar tidak terjadi tabrakan dan korban jiwa. Namun, masih menabrak bodi truk,”terang Muhammad Slamet petugas palang pintu di rel kereta api malasan.

Sementara itu, Junior Manager Inspektor Daop 9 Probolinggo saat dikonfirmasi mengatakan akibat peristiwa tersebut sempat terjadi keterlambatan untuk kereta api pengangkut barang selajutnya.

“Terjadi keterlambatan sekitar 3 jaman,”Ujar Daliman pada wartabromo. (rhd/yog)