Kabupaten Pasuruan Gagal Terima Adipura Tahun Ini

726
adipura
Tugu adipura di Bangil / foto : pasuruanmaslahat

Pasuruan (wartabromo) – Ambisi Kabupaten Pasuruan untuk meraih penghargaan Adipura sebagai kota terbersih seperti yang tahun sebelumnya akhirnya kandas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartabromo, Kegagalan Kabupaten Pasuruan untuk mendapatkan penghargaan bergengsi itu diduga lantaran masih kurangnya kebersihan pasar dan pemukiman di sekitar wilayah Bangil yang dianggap kurang maksimal terutama dalam hal pemilahan sampah, baik sampah plastik, daun maupun sampah kertas.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan, Abdul MUnif membenarkan kegagalan tersebut. Menurutnya, Kabupaten Pasuruan gagal mempertahankan penghargaan supremasi tertinggi di bidang kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) setiap tahunnya.

“Iya, kita sudah dapat informasi dari pusat kalau Kabupaten Pasuruan tidak menerima Adipura tahun ini. Sepertinya kita kurang dalam kebersihan pasar, pemukiman dan masih banyaknya sampah yang berserakan di sekitar wilayah bangil” ujar Munif pada wartabromo, Rabu (4/6/2014).

Baca Juga :   Ratusan Hektar Lahan Rusak, Harga Sayuran Naik 100 Persen

Dijelaskannya, selain faktor kebersihan, meningkatnya passing grade penilaian dari yang semula hanya 74 pada tahun lalu menjadi 75 pada tahun 2014 ini menjadi penyebab, Kabupaten Pasuruan hanya mendapatkan nilai 74,5 poin saja. Artinya, hanya selisih tipis 0,5 poin.

“Yang kita dapat seperti itu, jadi tipis sekali selisihnya untuk dapat Adipura,” terangnya.

Kendati demikian, meski gagal mengarak Piala Adipura, lanjut Munib, Pemkab Pasuruan telah berusaha semaksimal mungkin untuk meraih penghargaan tersebut.

“Kegagalan ini bukan berarti membuat kita putus asa, akan tetapi menjadi semangat untuk melakukan perbaikan di semua titik penilaian terutama titik penting yakni kebersihan pasar, pemukiman dan kebersihan sampah itu sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga :   13 Oknum PPK Mangkir dalam Sidang DKPP

Kendati gagal meraih Adipura, Kabupaten Pasuruan masih bisa berlega hati lantaran ada 5 wakil sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata, yakni, 2 sekolah Adiwiyita Mandiri, dan 3 Sekolah Adiwiyata Nasional.

Untuk Adiwiyata Mandiri diraih oleh SDN I Nongkojajar dan SMAN 1 Gondangwetan. Sedangkan peraih predikat sekolah adiwiyata nasional didapatkan oleh SMPN 3 Bangil, SMPN 2 Pandaan, serta SMAN 1 Purwosari.

Sementara itu, berbeda dengan Kabupaten, Kota Pasuruan justru merasa bahagia luar biasa. Pasalnya, Piala Adipura kembali disabetnya pada tahun ini. Supriyanto, Kabag Humas Pemkot Pasuruan pun membenarkan info mengembirakan tersebut.

“Kita bersyukur sekali, Kota Pasuruan mendapat adipura lagi tahun ini. Rencananya, Kamis besok, Bapak Walikota Pasuruan Hasani akan menerima langsung dari Presiden SBY,” ujarnya.(eml/yog)