Temannya di PHK, Buruh PT Paverta Turun Jalan

677
Buruh demo/wartabromo.com

Pandaan (wartabromo) – Dua pleton atau sekitar enam puluh pasukan dalmas dari Polres Pasuruan siang ini, Selasa (10/6/2014) diturunkan untuk melakukan pengamanan unjuk rasa di PT. Panverta Pandaan Pasuruan.

Menurut Rofik, Pengurus Konpederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, unjuk rasa ini menuntut dipekerjakanya kembali rekan mereka yang bernama Khoinul Anam yang telah di PHK oleh perusahaan dengan hanya memberi pesangon 1 x gaji UMK Kabupaten Pasuruan yakni sebesar Rp. 2.190.000.

“Saudara Khoinul Anam sudah bekerja selama 19 tahun, kalo hanya dapat pesangon satu kali gaji jelas melanggar UU ketenagakerjaan” papar rofik.

Berdasarkan pantauan wartabromo, aksi buruh tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat. Menurut AKP Harnoko, perwira pengawas (pawas) Polres Pasuruan, meskipun jumlah pengunjuk rasa tidak terlalu banyak, namun aksi yang berada di jalur pariwisata Surabaya-Malang tersebut dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya anarkisme dan timbulnya aksi blokir jalan oleh pengunjuk rasa.

Baca Juga :   Anniversary ke-18, Biznet Pasuruan Bertekad Support Keinginan Kaum Millenials

“Kita mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk aksi blokir jalan” terang AKP Harnoko yang sehari-hari bertugas sebagai kasat Polair Polres Pasuruan ini.

Sampai berita ini ditulis, aksi unjuk rasa masih berlangsung dengan berorasi secara bergantian oleh pengunjuk rasa. Sementara arus lalu lintas aman lancar. (ryn/yog)