Waduch! Puskesmas Sukorejo Beri Obat Kadaluarsa ke Pasien

2518

obat kadluarsaSukorejo (wartabromo) – Dibutuhkan ketelitian pasien apabila menerima obat dari Puskesmas Sukorejo, Pasuruan. Pasalnya obat kadaluarsa masih ditemukan diberikan kepada pasien yang datang berobat.

Hal ini dialami oleh Firin (38) salah seorang pasien warga Desa Gunting Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, Minggu (29/6/2014).

Dituturkannya, ia datang berobat ke UGD puskesmas Sukorejo lantaran menderita sakit diare. Oleh petugas UGD dirinya diperiksa tensi darah dan diberi suntikan. Seperti biasanya, pasien kemudian diberi obat konsumsi untuk diminum.

Namun alangkah terkejutnya ia, ketika obat akan diminum, salah satu obat dari empat macam obat yang diterima dalam kondisi kadaluarsa yakni tertulis oktober 2013.

“Saya dikasih empat macam obat minum, ketika mau tak minum ada obat yang sudah kadaluarsa” tutur Firin.

Baca Juga :   Inilah Dian, Bocah yang Setiap Hari Bermain dengan Ular

Menurutnya, jika diamati bungkus obat tablet 500 mg tersebut masih bagus dan tidak ada cacat. Namun bila dicermati masa berlaku yang tertulis dibelakang bungkus sudah tidak layak konsumsi.

“Saya tidak berani minum mas, bila ada apa-apa pastinya puskesmas gak mau tau” ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sukorejo Dr Pantja Kentjana saat dikonfirmasi, membenarkan adanya keteledoran tersebut.

“Kita mengakui mas kalau obat ini berasal dari sini” ujar Dr Pantja.

Menurutnya, pihak puskesmas secara berkala melakukan penarikan obat-obat yang kadaluarsa untuk dimusnahkan. Namun adanya temuan obat kadaluarsa yang diberikan kepada pasienya pihaknya menyampaikan permintaan maaf terhadap pasien.

“Kita minta maaf pada pasien, juga berterima kasih atas laporan ini” tutur Pantja.

Baca Juga :   Dirawat di RSUD Bangil, Polisi Jaga Ketat Pelaku Pelempar Bondet

Meskipun dikatakan tidak terlalu berbahaya, namun pemberian obat yang tidak layak (kadaluarsa), tetap saja hal tersebut merugikan pasien dan masyarakat.(ryn/yog)