Mudik Lebaran, Polisi Kerahkan 300 Personel di 5 Pos Pantau

535

arus mudikPasuruan (wartabromo) – Untuk mengamankan situasi menjelang dan selama mudik lebaran, Polres Pasuruan akan mengerahkan sebanyak 300 personel gabungan guna membantu kelancaran pemudik, khususnya pada jalur-jalur yang rawan akan kecelakaan dan tindak kejahatan.

Kapolres Pasuruan, AKBP Ricky Purnama mengatakan, seluruh personel tersebut terdiri dari 200 anggota Polres Pasuruan, dan sisanya merupakan back up langsung Pemerintah Kabupaten Pasuruan, baik Satpol PP, Linmas dan Dinas Perhubungan.

“Hari ini kami menyamakan persepsi terakit pengamanan para pemudik, sekaligus untuk memberikan rasa aman dan kelancaran bagi mereka,” terang Ricky sesaat setelah mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru, di Halaman Mapolres Pasuruan, Senin (21/7/2014).

Lebih lanjut Ricky menambahkan, para personel yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Semeru akan ditempatkan di 5 pos mudik lebaran, di antaranya Arteri Porong, Apollo, Terminal Pandaan, Simpang Tiga Prigen, serta Simpang tiga Purwosari.

Baca Juga :   Ini Tempat Wisata Lumajang Wajib Dikunjungi!

“Selama 16 hari, para personel harus benar-benar bekerja sebaik-baiknya, karena ini adalah momen mudik yang merupakan tradisi masyarakat setiap kali menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, saya tekankan kepada anggota akan banyaknya kasus kecelakaan pada saat momen mudik lebaran,” imbuhnya.

Polres Pasuruan berharap angka kecelakaan pada saat mudik lebaran bisa turun sampai 30 persen dari tahun 2013 lalu, yakni 6 kasus kecelakaan menjadi 3 atau 2 kasus saja.

“Jangan sampai mengantuk pada saat berkendara, karena itu berakibat pada potensi kecelakaan. Silahkan beristirahat di pos atau masjid atau sarana prasarana yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta, karena itu memang diperuntukkan untuk pemudik,” terangnya. (eml/yog)