Keliling Indonesia, Pria ini Ketemu Jokowi Pakai Kaos Oblong

537

jokowiProbolinggo (wartabromo) – Aminin Hamid (50) seorang pria asal Dusun Seuleumak Baro Gampung Lubuk Pempeng, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, nekat berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda pancal seorang diri.

Pria itu berkeliling Nusantara sejak 20 Juli 2010 silam hingga sekarang. Bahkan, selama menjelajah bumi Nusantara, Aminin Hamid mengaku tidak mudah. Banyak tantangan yang ia hadapi selama perjalanan menggunakan sepeda pancalnya yang sudah terlihat usang.

“Banyak pengalaman yang saya dapat selama saya berjelajah,” tuturnya saat ditemui wartawan di Probolinggo, Rabu (23/7/2014).

Saat menjelajah bumi pertiwi Indonesia, dia mengaku sempat dirampok oleh kawanan penjahat. Sebuah kamera seharga Rp.6 juta yang diberi kenang-kenangan oleh Pangdam Aceh, Mayjen Hambali Hanafi sempat dirampas oleh kawanan penjahat.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp21 M Bangun PJU dan Median Jalan

“Saat itu saya dalam perjalanan. Tahu-tahu saya dicegat dua orang tak dikenal dan langsung merampas kamera yang saya bawa,” terang pria itu bercerita.

Dia menuturkan, Kota Probolinggo merupakan salah satu kota yang ia hampiri. Setelah berjelajah dari kota lainnya. Selama perjalanannya, Aminin Hamid mengaku sudah banyak kota dan propinsi yang ia singgahi. Seperti Medan, Riau, Palembang, Lampung, Banten, Jakarta, Solo, Yogya, Ternate, Bali, Lombok, NTT, Timoer Leste dan sejumlah kota lainnya.

Ia nekat menjelajah bumi pertiwi Indonesia dengan menaiki sepeda pancal, karena ia mempunyai janji nazdar jika Aceh damai. Rupanya, keinginan itu terwujud, sehingga ia harus memenuhi janjinya sendiri. Janji itu tidak hanya ia harus berkeliling Indonesia, tetapi ia berjanji akan menunaikan sholat hajat di rumah Presiden.

Baca Juga :   Ngantor Tak Bawa SIM, Dua Anggota Polisi Diminta Pulang

“Siapapun Presidennya saya harus memenuhi janji saya untuk melakukan sholat hajat,” katanya.

Ternyata keinginan Aminin Hamid tidak hanya mimpi belaka. Ia pun bisa mewujudkan keinginannya sholat hajat di rumah orangtua Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), R. Soekotjo di Kecamatan Punung, Pacitan. Selama melakukan perjalanan bersepeda berkeliling Indonesia, Aminin Hamid sempat bertemu dengan Joko Widodo (Jokowi) yang kini terpilih sebagai Presiden RI. Pertemuan itu ketika Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.

“Saya tidak percaya waktu itu kalau dia (Jokowi) itu seorang walikota,” ungkap dia bercerita.

Rasa tidak percaya itu, karena penampilan Jokowi seperti orang biasa dengan memakai kaos oblong. Aminin Hamid baru percaya kalau dia seorang walikota, ketika ia diajak masuk ke dalam rumah dinasnya. Dia dalam rumah dinas itu, ia bersama Jokowi terlibat percakapan biasa.

Baca Juga :   Melihat Pembuatan Perahu Korsing, Sang Penangkap Ikan Tuna

“Baru saat itu saya percaya kalau dia itu seorang walikota,” katanya.

Pengalaman selama perjalanan yang memakan waktu 4 tahun 3 hari itu, tidak hanya bertemu dengan para pejabat di daerah. Tetapi Aminin Hamid harus mencari tempat tidur yang aman.

“Apalagi pengalaman saya pernah dirampok,” timpalnya.

Agar aman, dia tepaksa mencari kantor Koramil dan Polsek di setiap daerah dan kota yang ia singgahi. Makanya, suatu kelak jika ia sudah pulang ke kampung halamannya, dia tidak akan pernah lupa kalau dua instansi itu yang menjadi tempat berlindungnya selama menjelajah bumi pertiwi. (rhd/yog)