Ramaikan Tradisi Kupatan dengan Ski Lumpur

0
26

skilotLekok (wartabromo) – Untuk meramaikan lebaran ketupat yang jatuh pada H+7, warga Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan menggelar lomba Skilot. Sky (papan seluncur) ; Lot (celot : lumpur/madura).

Acara tradisi masyarakat pesisir pantai utara ini diikuti oleh 60 orang peserta dari warga sekitar Kecamatan Lekok. Uniknya, tiga orang peserta diantaranya adalah perempuan.

“Tahun ini ada yang beda mas, karena pesertanya ada yang wanita,” terang Kepala Desa Tambak Lekok, Tohir.

Lomba Skilot tahun ini dibagi menjadi tiga kategori. Kategori anak-anak, dewasa dan kategori Perempuan.

Setiap peserta diwajibkan mengarungi lumpur menggunakan papan ski yang terbuat dari kayu sejauh kurang lebih 200 meter.

Lomba skilot sendiri digelar selama dua hari, yakni hari minggu hingga senin besok. Meski tanpa ada dukungan dari dinas terkait dalam hal ini dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, acara Skilot yang sudah digelar sejak tahun 1985 ini selalu sukses digelar tiap tahunnya.

Untuk tahun ini panitia menyediakan berbagai hadiah menarik untuk para pemenang berupa TV, magicom, sepeda gunung, kipas angin dan hadiah menarik lainya dengan nilai total Rp 7 juta.

“Kita siapkan bermacam-macam hadiah untuk para pemenang,” tambah kepala desa Tohir.

Acara Skilot sendiri dihelat untuk mempererat silaturahmi antara nelayan dan masyarakat Lekok yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Dalam lomba sky Lot tahun ini juara kategori dewasa laki – laki, juara I diperoleh Abdullah (40) . Juara ke-II Abdullhamit (37) Juara III Marjuki (36). Sementara, kategori anak-anak, juara I didapatkan oleh Zainurisikin (12) , juara II, Ikmam (13) Juara III Syam (13) Sedangkan kategori perempuan Rofiatun (40) dan Juara II Siti alimah (38) serta Juara III Rahmania (39). (ryn/yog)