Suku Tengger Bromo Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

0
29

suku tenggerProbolinggo (wartabromo) – Bagi warga suku tengger, 17 Agustus 2014 tahun ini terasa istimewa, pasalnya bendera merah putih raksasa dikibarkan oleh warga suku tengger dan Kodim 0820 Probolinggo di Puncak 29 Ledok Ombo Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo.

Bendera raksasa berukuran 5 X 10 meter itu sendiri dibentangkan di atas bukit yang tak jauh dari Gunung Bromo.

Pengebaran bendera raksasa itu sengaja dilakukan oleh warga suku tengger bersama Kodim 0820 di atas ketinggian 2.900 meter dari permukaan laut.

Menurut warga setempat selain memperingati hari kemerdekaan, pemasangan bendera raksasa tersebut sekaligus memperkenalkan wisata puncak di lokasi setempat. Gunung yang bisa dilihat dari atas puncak yakni Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Argopuro.

“Di P 29 (Puncak 29) ini, matahari terbit sangat nampak dan lebih jelas. Serta menambahkan pemandangan dengan bisa melihat 5 Gunung yang ada di wilayah Tapal Kuda,” ujar Suparman warga setempat.

Sebelum melakukan pengibaran bendera ukuran besar  di P 29 itu, petugas dari Kodim 0820 dibantu masyarakat tengger melakukan tradisi penyucian sesuai adat dan kepercayaan warga suku tengger.

“Ritual ini dilakukan, agar Indonesia tetap kokoh dan damai selalu,” jelas Suparman.

Upacara pengibaran bendera merah putih sendiri dipimpin langsung oleh Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Heru Agung diikuti menyanyikan lagu Indonesia Raya. (rhd/yog)