Tata Suara Speaker Masjid Jelek, Dewan Masjid Terjunkan Tim Akustik

0
31

adzan masjidPasuruan (wartabromo) – Buruknya kondisi akustik atau tata suara Masjid – masjid di tanah air, membuat Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) menerjunkan tim khususnya untuk memperbaiki tata suara atau pengeras di Masjid – masjid di Pasuruan.

PP DMI yang diketuai M Jusuf Kalla ini pun menerjunkan sebanyak 12 unit mobil yang melayani ribuan masjid dan salah satu unit diserahkan ke DMI Kabupaten Pasuruan, Rabu (20/8/2014).

“Untuk sementara baru 12 unit mobil yang akan melayani. Tapi selanjutnya akan ditambah, karena jumlah masjid di Jawa Timur mencapai ribuan,” kata Suhadi, Manajer Akustik DMI Jawa Timur, seusai penyerahan sebuah unit mobil di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, perbaikan tata suara di masjid-masjid sangat diperlukan, karena kondisi pengeras suara (speaker) masjid-masjid, memprihatinkan.

“Perawatan tata suara itu sangat penting karena membuat umat makin khusyu’ menjalankan ibadah. Kalau berdengung justru membuat pendengaran terganggu,” tambah Suhadi.

Sementara itu, Yazid Manan, Ketua DMI Kabupaten Pasuruan menegaskan, saat ini pihaknya mencatat ada sekitar 200 lebih masjid yang tersebar di Kabupaten Pasuruan. Hanya saja, kualitas tata suara yang keluar dari masjid tersebut masih belum sesuai harapan, sehingga dengan hadirnya mobil akustik, otomatis dapat memperindah suara sebelumnya.

“Kalau sound nya saja tidak enak, tidak jarang juga para jamaah yang enggan datang ke masjid. Maka dari itu, kami menyambut baik itikad dari DMI Pusat yang telah menyerahkan mobil ini untuk perbaikan tatat suara dan kebersihan masjid di kabupaten pasuruan,” jelasnya. (eml/yog)