‘Ada Main Mata Antara BLH dengan Pihak Pabrik’

0
13
blh pasuruan
Tutup Saluran – puluhan warga Dusun/Desa Karangrejo mengancam akan menutup saluran pembuangan limbah PT Sorini Agro Asia Tbk jika tuntutan warga tak dipenuhi / yog

Gempol (wartabromo) – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh warga Desa Karangrejo Kecamatan gempol, Pasuruan ke PT Sorini Agro Asia Tbk, Senin (25/8/2014) siang merupakan buntut dari kekecewaan warga atas ketidakkonsistenan menejemen pabrik terhadap janji – janji yang telah disepakati. Selain itu, warga juga menuding ada ‘main mata’ antara BLH dengan pihak pabrik menyusul tercemarnya sumur – sumur warga yang kerap mengeluarkan air hitam berlendir dan tak bisa dikonsumsi.

“Kayak gitu oleh BLH dibilang baku mutunya bagus. Badan Pemerintah yang mengurusi hal ini jelas ada main dengan perusahaan,” tuding Sutomo, salah seorang warga di tengah aksi massa.

Menurutnya, limbah pabrik PT Sorini yang kini mencemari sungai dan sumur – sumur milik warga kerap kali ditemui saat tengah malam yakni bau menyengat serta warna hitam pekat dan berlendir.

“Standartnya bagaimana tuh, BLH kok mengatakan sesuai baku mutu?” tambahnya kesal.

Emosi Sutomo dan ratusan warga Dusun/Desa Karangrejo Kecamatan Gempol tersebut memuncak menyusul aliran air PDAM tak lancar sejak beberapa bulan terakhir. Dalam aksi tersebut, puluhan warga bahkan nekad memblokade pintu masuk pabrik serta bersiap menutup saluran pembuangan limbah milik pabrik. Ratusan warga itu mengaku sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih bagi kebutuhan hidup sehari-hari.

Setelah berpanas-panasan berorasi, tuntutan warga yang mengharapkan pihak menejemen pabrik untuk memenuhi kebutuhan air bersih melalui pipa PDAM serta pembersihan sumur – sumur milik warga akhirnya dipenuhi oleh pihak pabrik setelah perwakilan warga menggelar pertemuan dengan pihak menejemen.

“Tuntutan kita sudah dipenuhi,” ujar Affandi, salah seorang perwakilan warga usai bertemu dengan pihak menejemen selama hampir 4 jam.

Menurutnya, hasil kesepakatan antara warga yang disaksikan oleh Muspika dan pihak BLH Kabupaten Pasuruan menyatakan bahwa pihakĀ  PT. Sorini akan membersihkan sungai yang melintasi Dusun/Desa Karangrejo serta sumur-sumur warga dari air limbah tahun 2014 ini ; PDAM sanggup mengaliri pelanggan di Dusun/Desa Karangrejo mulai pukul 05.00 – 19.00 wib termasuk untuk warga yang akan jadi pelanggan ; PT Sorini akan melakukan pemasangan PDAM terhadap rumah baru di Dusun/ Desa Karangrejo ; Kompensasi infrastruktur tetap senilai Rp. 1 juta perbulan ke Dusun/Desa Karangrejo.

Meski tuntutan sudah dipenuhi, namun, sejumlah warga Dusun/Desa Karangrejo masih was – was. Mereka pun berjanji akan mendatangi Perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan dasar makanan ringan tersebut jika masih membuang limbah cair tak sesuai baku mutu. (yog/yog)